Tips: 4 Cara Membeli Properti Yang Aman


Advertisment
Tips: 4 Cara Membeli Properti Yang Aman
wahok-rumah apartement jakarta

Tak semua masyarakat familiar dengan hukum, ada kalanya sebagian orang bingung langkah apa saja yang harus dilakukan untuk memiliki properti.

Jika Anda sudah menentukan lokasi dan memastikan peruntukannya, agar tidak ada kata menyesal kemudian hari.

Berikut sedikit petunjuk praktis untuk menentukan langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam memperoleh suatu properti yang diidamkan.

Pertama, status hukum tanah. Ketahui dengan pasti peruntukan tanahnya,periksa surat-surat dari properti tersebut, berupa surat bukti kepemilikan tanah dan surat IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Apabila meragukan, dapat dimintakan SKPT di kantor pertanahan setempat.

Kedua, ajukan permohonan hak. Apabila properti yang diinginkan belum ada kepemilikannya, ajukan permohonan hak. Ada lima hak atas tanah negara yang dapat diberikan, berupa hak milik, Hak Guna Bangunan (HGB), Hak Guna Usaha (HGU), Hak Pakai dan Hak Pengelolaan

Ketiga,lakukan pemindahan hak. Untuk memiliki tanah yang sudah ada, maka pemindahan hak dapat dilakukan apabila calon pemilik tanah memenuhi syarat.

Pemindahan hak ini dapat dilakukan dengan cara jual beli, tukar menukar, hibah atau inbreng (bersama-sama).

Keempat, selalu membuat perjanjian dengan pemilik tanah. Kelengkapan dokumen adalah sangat penting.

Lakukan semua proses pemilikan properti melalui pihak yang berwenang, yaitu Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Juga selalu sertakan saksi (dua orang).

Semoga petunjuk praktis ini bisa memandu Anda dalam memiliki properti, Terimakasih Telah Baca PostinganTips: 4 Cara Membeli Properti Yang Aman, Dari Admin wahok.com Semoga Bisa Berguna Dan ber-manfaat, Baca Juga Postingan Terbaru Admin Yaitu Gambar Wallpaper Keren Mobil Mercedes-Benz Plus Model Cantik Untuk Android Dan Iphone