Kiat: Cara Memenangkan Lelang Properti


Advertisment
Kiat: Cara Memenangkan Lelang Properti
wahok-bangunan toko estetica

Anda melirik aset properti yang saat ini nongkrong di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) tetapi selalu gagal memenangkan lelang? Anda mesti cari dulu sebab musababnya.

Ada beberapa alasan yang membuat seseorang peminat gagal memenangkan lelang. Umumnya banyak peserta lelang yang belum memahami betul persyaratan lelang dan kondisi atau hal-hal lain yang berhubungan dengan aset yang mau dilelang. Bisa dimaklumi, sistem ini memang baru diperkenalkan dalam menjual properti.

Selain itu, banyak di antara peserta lelang yang kurang aktif saat lelang berlangsung. Agar peserta tidak kecewa pulang dengan tangan hampa, berikut tips ringan untuk peserta agar bisa memenangkan lelang properti.

Pertama, sebelum acara lelang berlangsung, usahakan Anda telah mengikuti open house yang diadakan balai lelang. Dengan begitu, semua aspek legal sertifikat properti yang akan dilelang sudah Anda pahami. Biasanya, balai lelang juga memiliki fotokopi dokumen bila ingin memastikan surat-suratnya.

Langkah selanjutnya, Anda harus sudah mengerti prosedur penjualan melalui lelang. Biasanya, setiap lelang memiliki aturan standar.

Kemudian, mulailah mencari tahu berapa harga pasaran properti tersebut. Hubungi broker atau makelar yang biasa bermain diseputar properti yang akan dilelang. Kalau tidak sempat, Anda juga bisa mengetahuinya melalui media massa. Anda juga bisa buka situs properti yang aktif melaporkan dan membuat proyeksi serta perbandingan harga pasar properti yang dilelang.

Yang sangat penting juga, Anda harus mengukur daya beli Anda. Jangan terbawa emosi untuk berebut properti tanpa melihat kondisi keuangan Anda. Selain itu, properti yang akan dibeli adalah benar-benar Anda butuhkan. Kecuali bila Anda hanya berminat untuk investasi saja. Bila langkah ini sudah Anda lakukan, setidaknya Anda sudah melakukan persiapan sebelum lelang berlangsung.

Bila sudah yakin Anda sangat tertarik pada properti tersebut, pastikan Anda sudah sangat positif dengan 'bid' (tawaran) yang diberikan. Datang lebih awal untuk bisa mendapatkan posisi di depan. Setidaknya Anda sudah familiar dengan tempat sehingga lebih tenang saat lelang berlangsung.

Usahakan Anda bisa menarik perhatian auctioner, baik dengan mengangkat Nomor Induk Peserta Lelang (NIPL) atau dengan menganggukkan kepala bila Anda setuju dengan harga penawaran saat itu. Tidak perlu terburu-buru untuk 'bid' sesuai dengan yang dinominasikan. Auctioner yang akan menentukan diterima tidaknya penawaran Anda.

Selalu bersikap tenang adalah kunci utama bagi Anda. Mintalah bantuan kepada panitia atau broker yang membawa Anda ke sana, bila Anda direkomendasikan oleh seseorang.

Jangan ragu-ragu meminta pendapat dan bertanya. Bila ada kejanggalan dan tindakan kurang memuaskan, Anda juga bisa menghubungi pejabat BPPN yang selalu rajin menghadiri acara lelang semacam ini.

Terimakasih Telah Baca Postingan Kiat: Cara Memenangkan Lelang Properti, Dari Admin wahok.com Semoga Bisa Berguna Dan ber-manfaat, Baca Juga Postingan Terbaru Admin Yaitu Tips Cara Membeli Properti Yang Aman