Wisata Pantai Tanjung Kodok Lamongan - Jawa Timur Indonesia


Advertisment
Wisata Pantai Tanjung Kodok Lamongan - Jawa Timur Indonesia
wahok-Foto Jalan Wisata Pantai Tanjung Kodok Lamongan

Nah bagi yang tinggal di ibu kota jakarta ataupun bandung, jika  suka jalan-jalan mungkin kalian bisa coba kunjungi Pantai Tanjung Kodok, yang lokasinya sekitar  50 kilometer (km) di utara kota Lamongan, langsung saja naik kreta api dari stasiun gambir ataupun senin untuk belitiket kesana

Pantai ini memiliki karakteristik keindahan alam pantai yang cukup khas dan unik dibanding pantai - pantai lain, terutama di Jawa Timur. Keunikan tersebut berwujud batu karang yang menjorok ke laut dengan bentuk kodok ( katak ) yang siap meloncat.

Kelebihan lain pantai wisata ini sudah lama dikenal wisatawan para pekerja Belanda waktu pembuatan jalan raya Daendels, Anyer - Panarukan. Tanjung Kodok pernah menjadi pusat perhatian dunia saat terjadi Gerhana Matahari Total 11 Juni 1983 di mana Badan Antariksa Amerika Serikat NASA, menunjuk Tanjung Kodok sebagai lokasi untuk observasi ilmiah para pakar Astronomi Internasional.

Setiap menjelang awal dan akhir bulan suci Ramadhan para ahli hisab dan rukyat dari berbagai Perguruan Tinggi, Instansi Pemerintah , Lembaga-lembaga Masyarakat dan agama dari berbagai daerah banyak berdatangan ke Tanjung Kodok untuk menyaksikan derajat posisi rotasi bulan guna menjamin validitas hasil rukyat.

Tempat ini oleh Pemda Dati II Lamongan telah dilengkapi dengan Menara Rukyat setinggi 9,4 m yang tegak menjulang di bibir pantai.
Wisata Pantai Tanjung Kodok Lamongan - Jawa Timur Indonesia
Bagi kalangan remaja, seniman, grup-grup teater serta pramuka juga banyak memanfaatkan Tanjung Kodok sebagai tempat latihan berbagai kegiatan seni.

Para pekerja teater banyak memanfaatkan potensi Tanjung Kodok untuk tempat latihan vokal pernapasan, gerak lidah, gerak kelenturan tubuh dan seni pentas.

Pada Hari Raya Ketupat, yaitu Hari Raya Tradisional yang jatuh pada hari ke tujuh setelah Idul Fitri, puluhan ribu wisatawan mengunjungi Tanjung Kodok untuk menyaksikan berbagai atraksi seni pentas, musik dan opera legenda Tanjung Kodok atau pesiar naik perahu kapal sambil menikmati ketupat dan dawet 

Terimakasih Telah Baca Postingan Wisata Pantai Tanjung Kodok Lamongan - Jawa Timur Indonesia, Dari Admin wahok.com Semoga Bisa Berguna Dan ber-manfaat, Baca Juga Postingan Terbaru Admin Yaitu Tempat Wisata Peninggalan Purbakala Cipari Cigugur - Kuningan Jawa Barat