7 Tips Cara Menghilangkan Dan Hentikan Kebiasaan Buruk


Advertisment
7 Tips Cara Menghilangkan Dan Hentikan Kebiasaan Buruk
wahok-foto anak remaja sedang termenung

Hampir setiap orang punya kebiasaan buruk dalam hidupnya. Misalnya mengomel, selalu mengeluh, menunda-nunda pekerjaan, ngemil, atau merasa jadi orang yang bekerja paling keras di dunia. Dalam dosis yang lebih nyata efeknya terhadap kesehatan adalah kebiasaan merokok, memakai obat-obatan tertentu, ketergantungan alkohol, atau bahkan kesenangan menganiaya.

Pada masalah-masalah yang berat dan kronis, umumnya kebiasaan itu tidak dapat dihentikan tanpa bantuan orang lain atau tenaga medis. Namun, untuk hal-hal yang lebih kecil, sebenarnya siapa pun bisa melakukannya.

Pada prinsipnya, semua kebiasaan buruk itu dapat dihentikan - berat maupun tidak. Sebab, kebiasaan adalah perilaku otomatis yang dapat diubah dengan kesabaran dan persistensi. Tentu, dibutuhkan pula kemauan kuat. Untuk itu, mereka yang ingin menyetop kebiasaan buruk hendaknya

Tips Dan Kiat Menghentikan Kebiasaan Buruk


1.Memutuskan seberapa serius ingin menghentikan kebiasaan itu.
Untuk sebuah komitmen yang kuat, diperlukan waktu dan energi yang cukup banyak untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik.

2.Memiliki catatan sendiri ketika kebiasaan buruk terjadi
Tulislah kapan saja kebiasaan buruk itu Anda lakukan. Gambarkan pula perasaan Anda saat itu dan apa yang sedang Anda pikirkan. Menuliskannya akan membuat seseorang sadar kapan saja dan mengapa mereka memiliki kebiasaan buruk ini.

3 Memikirkan seberapa jauh pengaruh kebiasaan buruk itu terhadap diri sendiri
Setelah menulis, bacalah lagi dan renungkan. Apa manfaat atau pengaruh kebiasaan buruk itu pada Anda? Apakah ini sebuah cara untuk menghilangkan kebosanan, kegelisahan, stres, atau kemarahan?

4.Merenungkan alternatif lain sebagai kompensasi dari segala perasaan itu
Mungkin Anda menemukan jawaban bahwa kemarahan Anda bisa hilang kalau Anda minum alkohol. Kini, pikirkan alternatif-alternatif lain yang bisa menghilangkan kemarahan itu. Tuliskan beberapa di antaranya dan cobalah salah satu. Misalnya, boleh jadi kemarahan Anda akan sirna bila Anda mendengar musik lembut, berbelanja, atau bahkan membenahi meja.

5.Siaga bila sewaktu-waktu kebiasaan buruk itu datang
Segera stop selagi Anda tersadar bahwa godaan untuk melakukan kebiasaan buruk amat kuat. Mulailah dengan melakukan perilaku alternatif yang telah Anda tuliskan.

6.Lakukan perlahan-lahan
Mustahil Anda bisa mengubah kebiasaan buruk dengan drastis. Andaikan pun bisa, boleh jadi Anda malah akan tersiksa, dan ingin 'balas dendam'. Cobalah dulu sekali seminggu, lalu tingkatkan frekuensinya minggu berikutnya. Semakin banyak Anda mempraktekkan kebiasaan baru yang baik, semakin cepat kebiasaan baik itu menggantikan kebiasaan buruk.

7.Minta bantuan orang lain
Kenali segala keterbatasan Anda. Karena itu, jangan sungkan-sungkan minta pertolongan orang lain, terutama yang berada dekat Anda. Jangan lupa untuk sabar dan jangan menghukum diri sendiri bila Anda lalai. Menghukum diri sendiri adalah kebiasaan buruk lain yang juga layak dihentikan

Terimakasih Telah Baca Postingan 7 Tips Cara Menghilangkan Dan Hentikan Kebiasaan Buruk, Dari Admin wahok.com Semoga Bisa Berguna Dan ber-manfaat, Baca Juga Postingan Terbaru Admin Yaitu 4 Cara Menciptakan Kesan Pertama Yang Baik, Memikat Dan Positif
wahwok doa menghilangkan kebiasaan buruk versi wahok cara menghilangkan energi negatif dirumah cara membersihkan rumah dari aura negatif menurut islam