Disiplin Kerja

6 Hal Dalam Disiplin Kerja Organisasi Wajib Kamu Ketahui

Posted on

Bagi para eksekutif, faktor sikap berkaitan erat dengan disiplin. Disiplin diperlukan baik untuk pribadi diri kita sendiri, maupun rekan kerja. Sehingga akan tercipta suasana yang sangat baik dan mendukung satu sama lain di kantor.Disiplin bukan hanya sekedar patuh.

Disiplin bukan berarti hanya mematuhi peraturan kantor, datang tepat waktu, atau menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, tapi lebih jauh lagi adalah kesadaran untuk melakukan segala sesuatu dengan target, menjaganya agar tetap berada pada jalurnya dan tetap sejalan dengan visi dan misi organisasi di mana kita bekerja.

Dalam hal ini ada beberapa hal yang dapat kita lakukan :

1. Targeting & Planning
Sesuai dengan peraturan perusahaan yang berlaku, dalam bekerja diharapkan kita dapat membuat target ke depan. Mungkin bisa untuk jangka waktu ½ tahun ke depan, dengan memperhitungkan apakah target yang kita canangkan itu memang realistis dan dapat tercapai. Jika target di tentukan dengan angka (nilai rupiah) harus dibuat serealistis mungkin, tapi jangan terlalu rendah, tujuannya untuk memacu semangat dalam proses pencapaian.

2. Finished Your Job
Selesaikan pekerjaan Anda secepat mungkin. Sehingga tidak ada pekerjaan yang tertunda. Kebiasaan menunda pekerjaan, akan menjadi penghalang dalam menyelesaikan pekerjaan. Usahakan semua target yang ada disertai dengan dateline dan deadline.

3. Corporate Look
Seorang eksekutif juga dituntut berpenampilan yang baik. Disiplin dalam berpenampilan yang mencerminkan image perusahaan. Umumnya busana di tempat bekerja menggunakan two pieces atau three pieces. Pilihan warna juga disarankan tidak lebih dari 3 warna. Tapi sekali lagi disesuaikan dengan jabatan dan jenis pekerjaan yang kita tangani. Mungkin saja di bidang advertising, malah dituntut berpakaian sekreatif mungkin, dengan penggunaan warna bebas.

4. On Time
Selalu tepat waktu dalam semua kesempatan adalah tuntutan profesionalisme. Waktu datang ke tempat kerja, janji temu dengan klien, tepat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan, dll.

5. Be Organized
Seorang eksekutif harus mempunyai time management yang baik. Aturlah waktu Anda dalam bekerja, berdasarkan skala prioritas. Atur waktu yang akan digunakan seefisien dan seproduktif mungkin. Waktu senggang dapat digunakan untuk hal-hal penting dan kreatif lainnya sesuai dengan pekerjaan. Misalnya, seorang sekretaris dalam waktu senggangnya dapat melakukan kliping artikel-artikel atau informasi yang berhubungan dengan perusahaan, misalnya iklan-iklan produk baru kompetitor, dll.

6. Be Honest / Jujur
Kedisiplinan harus disertai dengan kejujuran. Misalnya disiplin tidak menerima komisi, tidak korupsi, dll.

Demikianlah 6 Hal Dalam Disiplin Kerja Organisasi Wajib Kamu Ketahui

Advertisements