Pemimpin Yang Berkualitas

5 Ciri-Ciri Pemimpin Yang Berkualitas

Posted on

Tidak ada organisasi atau perusahaan yang dapat berfungsi secara memadai tanpa kepemimpinan yang baik. Setiap orang mempunyai persepsi yang berbeda-beda jika ditanyakan; Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan? Ada yang mengatakan kepemimpinan adalah kemampuan seseorang dalam mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan bersama, ada juga yang mengatakan orang yang memiliki kualitas yang dianggap penting, pengetahuan yang baik.

Sebagai seorang professional, kita tidak jarang berada di dalam posisi sebagai yang memimpin. Kualitas kepempinan dapat diidentifikasikan, pendekatannya berdasarkan kualitas. Adapun sering kali dikemukakan juga bahwa pemimpin dilahirkan, bukan dibentuk.

Seorang pemimpin dituntut untuk memiliki kualitas yang lebih daripada seorang manajer. Ada beberapa faktor kualitas tertentu seorang pemimpin yang baik, yang bisa diperhatikan:

  1.  Integritas Kualitas yang membuat orang mempercayai Anda. Kepercayaan merupakan hal yang terpenting dalam semua bentuk hubungan pribadi.
  2. Antusiasme: Spirit, merupakan cirri umum yang dimiliki seorang pemimpin
  3. Kehangatan: Orang yang kaku akan sulit beradaptasi sebagai pemimpin
  4. Ketenangan: Hal ini sangat diperlukan dalam segala situasi yang akan dihadapi. Pertimbangan nalar dan keputusan yang diambil dengan tenang adalah kualitas istimewa yang dimiliki seorang pemimpin
  5. Tegas dan adil: Kombinasi ketegasan dan keadilan telah muncul sebagai kualitas yang dituntut.

Kepemimpinan bersifat spesifik menurut situasi tertentu yang diamati. Siapa yang menjadi pemimpin suatu kelompok tertentu melibatkan diri dalam kegiatan tertentu dan karakter-karakter kepemipinan dalam situasi yang berbeda. Pemimpin juga dituntut untuk fleksibel.

Satu-satunya faktor yang paling umum tampaknya bahwa para pemimpin dalam bidang khusus perlu dan cenderung mempunyai kemampuan di atas rata-rata atau kompetensi atau pengetahuan teknis dalam bidangnya. Inteligensi yang sifatnya rata-rata, tampaknya kurang bisa memenuhi.

Pemimpin yang efektif harus mampu mengatasi kesulitan. Anda harus konsisten, karena orang tidak akan betah bila mereka tidak tahu bagaimanan kedudukan mereka terhadap kedudukan Anda. Itu menyangkut kepribadian dan karakter-khususnya integritas dan keberanian moral. Tetapi, ketika memasuki keseluruhan bidang pembuatan keputusan, Anda harus bersikap luwes.

Pembuatan keputusan dapat dan seharusnya dibahas oleh pimpinan bersama seorang bawahan atau bersama kelompok sebagai suatu keseluruhan dalam berbagai tahap yang berbeda, sekurang-kurangnya karena partisipasi cenderung menghasilkan keterlibatan.

Advertisements