hepatitis
gambar wallpaper hd word text hepatitis via google

Gejala Dan Cara Penularan Penyakit Hepatitis Yang Jarang Diketahui Orang

Posted on

wahok-Gaung kewaspadaan masyarakat terhadap ancaman penyakit hepatitis atau penyakit peradangan hati nampaknya kurang bergema dibandingkan dengan bahaya viurs HIV/AIDS. Padahal hepatitis B dan C juga sama-sama berbahaya dan dapat mengakibatkan kematian. Diperkirakan 12 juta orang di negara kita mengidap penyakit ini, dan menelan korban jiwa antara 40.000 -80.000 orang tiap tahun.

Biasanya, kehadiran penyakit ini pada diri seseorang tidak mudah untuk dideteksi. Hal ini dipengaruhi oleh gejala awalnya yang nyaris sulit diketahui secara kasat mata. Penyakit ini pada awalnya tidak memberikan gejala perasaan sakit pada diri penderitanya, sehingga yang bersangkutan tetap saja merasa sehat, dan bisa beraktivitas seperti biasanya. Padahal virus hepatitis tetap menggerogoti hati si penderita.

Serangan diam-diam tersebut sering kali membuat penderita menjadi lupa untuk memeriksakan diri ke dokter. Tahu-tahu tanpa disadari, penyakitnya sudah pada stadium yang berbahaya. Apabila terlambat diantisipasi atau diketahui, maka biasanya penderita baru tahu bahwa dirinya sakit setelah kondisinya sudah parah.

Penularan Hepatitis

Besar keprihatinan kita, bahwa banyak sekali masyarakat belum memahami cara penularan penyakit hepatitis B dan hepatitis C ini. Ketidaktahuan tersebut berakibat masyarakat tidak mengerti untuk melakukan pencegahan, yang sesungguhnya bisa dilakukan oleh siapa saja.

para ahli sudah memaklumkan bahwa penularan hepatitis B dan C bisa melalui banyak cara, dengan unsur pokok ada luka atau perdarahan yang merupakan “pintu masuk” bagi virus. Dengan “pintu masuk” itu, maka dimungkinkan penularannya melalui hubungan seskual, jarum suntik yang digunakan bersama-sama, dan sunat yang tak sesuai dengan prosedur baku.

Juga dapat menular melalui penggunaan alat cukur, dan alat makan secara bersama-sama, karena pengidap menderita sariawan atau luka gusi, baru cabut gigi. Peralatan dokter gigi dan tukang gigi (dentist) yang tidak disterilkan juga bisa menjadi sarana penularan penyakit ini kepada pasien. Juga bisa melalui transfusi darah, dan ibu hamil terhadap bayinya.

Satu lagi adalah penularan melalui ciuman. Artinya penularan hepatitis dapat terjadi melalui ciuman, apabila ada luka di mulut masing-masing pasangan yang berciuman dan salah satu di antara pasangan itu adalah penderita hepatitis. Luka bisa terjadi pada gusi karena sariawan, atau lidah luka karena salah gigit waktu mengunyah. Tapi bisa juga lidah atau bibir luka karena berciuman terlalu gemas.

Maka harus hati-hati dalam berciuman dengan pasangan atau pacar. Sedang berciuman sampai merasakan air liur atau beradu pipi saja, tidak perlu dirisaukan, karena tidak berakibat penularan. Sama halnya dengan bersalaman, tidak membawa penularan. Dalam hal hubungan sksual, penularan bisa terjadi melalui iritasi atau luka pada alat biologis

Imunisasi Hepatitis

Sebagai upaya pencegahannya, maka sebaiknya anak sejak dari kecil diberi imunisasi hepatitis. Sama seperti imunisasi folio, maka imunisasi hepatitis ini akan memberikan kekebalan bagi si anak untuk tidak tertular. Imunisasi itu bisa dilakukan di rumah sakit atau Puskesmas. Upaya imunisasi ini juga sering dilakukan secara kolektif terhadap siswa-siswa sekolah dasar. Urgensi imunisasi tersebut tidak hanya penting bagi anak-anak, tapi juga bagi orang-orang dewasa.

Betapa ketidaktahuan atau kekurangsadaran masyarakat atau individu sangat berperan dalam upaya penularan dan pencegahannya. Perhatian ke arah ini menjadi amat mendesak, karena menurut catatan yang ada, penyakit ini sudah menjangkiti sekitar 12 juta orang warga Indonesia. Sebanyak 7 juta di antaranya penderita hepatitis B menahun dan 5 juta penderita hepatitis C.

Penyakit hepatitis B dan C ini memang harus diwaspadai. Penyakit ini cukup besar memakan korban jiwa, yaitu berkisar 40.000 hingga 80.000 orang tiap tahun di Indonesia. Sangat memprihatinkan, karena korban meninggal tersebut adalah usia produktif, 30-55 tahun.

Di seluruh dunia dewasa ini diperkirakan sekitar 2 miliar anggota umat manusia terkena hepatitis B dan sekitar 170 juta orang menderita hepatitis C. Mereka itu terbesar adalah warga negara-negara berkembang.

Demikianlah Postingan Gejala Dan Cara Penularan Penyakit Hepatitis Yang Jarang Diketahui Orang baca juga Biografi Profil William Henry Perkin Kimiawan Yang Tampil Di Google Doodle

kapan peringatan hari Hepatitis internasional Peradangan hati Jenis yang paling umum Hepatitis B Infeksi hati serius yang disebabkan oleh virus hepatitis B yang mudah dicegah dengan vaksin. Hepatitis C Infeksi virus yang menyerang hati dan menyebabkan peradangan. Hepatitis alkoholik Peradangan hati yang disebabkan oleh minum terlalu banyak alkohol. Hepatitis otoimun Peradangan hati yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang hati.

Infeksi akut dapat terjadi dengan gejala yang terbatas atau tidak, atau mungkin termasuk gejala seperti ikterus (kulit kuning dan mata), urin gelap, kelelahan ekstrem, mual, muntah dan sakit perut. gejala Sinonim gejala nomina petanda, tanda pertanda, tanda Terjemahan dari gejala nomina symptom gejala, tanda, gelagat, alamat phenomenon gejala, peristiwa, kejadian, fenomen, perwujudan indication indikasi, petunjuk, tanda, gejala, petanda, gelagat tendency kecenderungan, tendensi, gejala, sifat, hasrat, kecondongan tendence tendensi, hasrat, tuju, kecondongan, kecenderungan, dokter spesialis mengobati penyakit hepatitis dengan bahan alami

Bahaya Penyakit Hepatitis D Suatu penyakit hati serius yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis D. Hepatitis A Infeksi hati yang sangat menular yang disebabkan oleh virus hepatitis A. Hepatitis E Penyakit hati yang disebabkan oleh virus hepatitis E.gejala dan pengobatan hepatitis a, b c Hepatitis adalah radang hati. Kondisinya bisa membatasi diri atau bisa berkembang menjadi fibrosis jaringan parut sirosis atau kanker hati. Virus hepatitis adalah penyebab paling umum Virus hepatitis di dunia namun infeksi lainnya, zat beracun misalnya alkohol, obat-obatan tertentu dan penyakit autoimun juga dapat menyebabkan hepatitis.

Ada 5 virus hepatitis utama, yang disebut tipe A, B, C, D dan E. Kelima jenis ini sangat memprihatinkan karena beban penyakit dan kematian yang diakibatkannya dan potensi penyebaran wabah dan wabah. Secara khusus, tipe B dan C menyebabkan penyakit kronis pada ratusan juta orang dan, bersama-sama, adalah penyebab paling umum sirosis hati dan kanker apakah hepatitis menular daftar alamat rumah sakit klinik bpjs hepatitis di indonesia

Tanda-Tanda Hepatitis A dan E biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi. Hepatitis B, C dan D biasanya terjadi akibat kontak parenteral dengan cairan tubuh yang terinfeksi. Cara penularan yang umum untuk virus ini termasuk penerimaan darah atau produk darah yang terkontaminasi, prosedur medis invasif dengan menggunakan peralatan yang terkontaminasi dan untuk penularan hepatitis B dari ibu ke bayi saat lahir, dari anggota keluarga hingga anak

Advertisements