Tips Daftar Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Dalam Seminggu Paling Di Anjurkan Dokter


Advertisment
Tips Daftar Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Dalam Seminggu Paling Di Anjurkan Dokter
wahok-foto gambar wallpaper makanan

Siapapun pasti ingin hidupnya selalu sehat dan jauh dari penyakiy, namun terkadang karena buruknya cuaca dan kondisi tubuh tidak fit,maka bisa terjadi hal-halyang tidak di inginkan, oleh karena itu banyak ahlikesehatan ( Dokter ) menyarankan harus Menjaga kesehatan melalui konsumsi makanan yang baik dan benar serta teratur

Jika Anda Ingin Menjalani Pola Makan Yang Sehat, Anda Tidak Sendiri. Banyak Orang Yang Ingin Melakukannya Dengan Berbagai Alasan, Seperti; Agar Jantung Sehat, Agar Berat Badan Terjaga Atau Alasan Lainnya. Apapun Alasan Anda, Satu Hal Yang Pasti Sama Adalah, Anda Tidak Akan Berhenti Mencari Cara Terbaik Melakukannya. Dan Apapun Motivasi Anda, Tubuh Pasti Akan Mendapatkan Manfaatnya.

Bagaimana Pola Makan Anda Selama Ini Sangat Berpengaruh Terhadap Apa Yang Akan Anda Rasakan Di Kemudian Hari. Berbagai Penyakit Penyebab Kematian Utama Di Berbagai Negara Seperti Penyakit Jantung, Kencing Manis, Stroke, Darah Tinggi, Dan Beberapa Jenis Kanker Terkait Dengan Pola Makan Dan Gaya Hidup Anda.

Ada  Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Agar Hidup Anda Menjadi Sehat, Melalui Perbaikan Menu Yang Dibagi Dalam 1 minggu.

Baca Juga:
Tips Daftar Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Dalam Seminggu Paling Di Anjurkan Dokter

Berikut Ini Daftar Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Dalam Seminggu Agar Hidup Lebih Bergairah Selalu Fit Dan Bugar

1.Makan Lebih Banyak Sayur Dan Buah
‘Slogan’ Ini Pasti Telah Sering Anda Dengar . Memang Benar, Buah Dan Sayur Sangat Kaya Akan Zat-Zat Nutrisi Yang Mengandung Vitamin, Mineral, Serat, Dan Zat Fitokimia Yang Dapat Mencegah Penyakit Serta Rendah Kandungan Lemak Dan Kalorinya. Konsumsilah Lima Kali Sehari Untuk Hasil Yang Terbaik.

2.Makan Lebih Banyak Serat
Jika Kata Serat Disebut, Anda Mungkin Langsung Membayangkan Bayam Atau Daun Singkong. Mengkonsumsi Serat Dalam Jumlah Yang Tepat, Dapat Mencegah Penyakit Jantung, Gangguan Pencernaan, Dan Beberapa Jenis Kanker. Sebagai Tambahan, Mengkonsumsi Serat Juga Merupakan Strategi Terbaik Dalam Menurunkan Berat Badan Karena Makanan Berserat Tinggi Juga Bersifat Mengenyangkan.

3.Jaga Berat Badan Anda
Kadang-Kadang Kita Merasa Iri Melihat Wanita Dengan Tubuh Indah. Rasanya Kita Rela Menjalani Diet Apa Saja Asal Bisa Punya Tubuh Seperti Mereka. Yang Penting Sebenarnya Adalah Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal. Kelebihan Berat Badan Akan Meningkatkan Resiko Beberapa Jenis Penyakit Seperti Penyakit Jantung, Kencing Manis, Dan Kanker.

(Di Antara Sekian Banyak Cara Menurunkan Berat Badan, Mana Yang Paling Baik? Sebaiknya Mengurangi Lemak Atau Kalori? Protein Atau Karbohidrat? Bagian Mana Dari Daging Yang Sebaiknya Dikonsumsi?

4. Kenali Makanan Anda
Tahukah Anda, Jenis Makanan Apa Yang Harus Dikonsumsi Lebih Banyak? Seberapa Banyak? Haruskah Anda Mengkonsumsi Suplemen Vitamin, Jika Iya, Yang Mana Sebaiknya ?

5. Lakukan Untuk Seterusnya
Makan Sehat Bukan Sekedar ‘Diet’. Makan Sehat Adalah Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Makanan Yang Seimbang. Diet Bukan Sekedar Mencekoki Tubuh Dengan Makanan Yang Tidak Disukai Hanya Karena Makanan Itu Menyehatkan, Atau Melupakan Kue-Kue Lezat Untuk Selamanya. Diet Adalah Makan Untuk Vitalitas Dan Kelangsungan Hidup Serta Kesenangan.

Pada Dasarnya, Sayur Dan Buah Mengandung Banyak Zat Nutrisi, Dengan Kadar Lemak Dan Kalori Yang Rendah.

Tambahan Lagi, Kandungan Phytochemical-Nya Dapat Mencegah Tubuh Dari Resiko Terjangkit Penyakit, Yang Tidak Dimiliki Oleh Vitamin Dalam Bentuk Tablet/Pil. Jadi, Mengkonsumsi 5 Porsi Sayur Atau Buah Dalam Sehari, Adalah Suatu Pola Makan Yang Sangat Dianjurkan. Berikut Beragam Cara Mengkonsumsi Sayur & Buah Khusus Untuk Anda !

6.Kurangi Konsumsi Lemak.
Lemak Banyak Terdapat Dalam Daging, Mentega , Keju, Dan Dairy Product. Misalnya, Pilih Susu Dengan Kadar Lemak 1% Dan Bukan Yang 2% (Jika Ada 2 Pilihan). Jangan Tergoda Oleh Kue Kering  Atau Biskuit  Yang Menyatakan Rendah Lemak, Karena Belum Tentu Kandungan Kalorinya Juga Rendah. Gantikan Makanan Berlemak Tinggi Dengan Yang Berserat Tinggi. (Jika Anda Sudah Menerapkan Kiat Pada ‘Menu Sehat Minggu Ke 3, Tentu Ini Tidak Sulit Lagi).

7.Jangan Lupa Menghitung Konsumsi Kalori Harian Anda.
Jika Anda Sudah ‘Berhasil’ Menghindari Makanan Rendah Lemak Namun Tetap Mengkonsumsi Makanan Berkalori Tinggi ; Seperti Minuman Bersoda, Biskuit, Kue, Atau Permen, Maka Kemungkinan Besar Berat Badan Anda Akan Bertambah

8.Makanlah Dalam Porsi Yang Cukup, Tidak Lebih Dan Tidak Kurang.
Sepiring Nasi Dengan Sepotong Daging Ukuran Sedang, Plus Sayuran Dan Seiris Semangka Adalah Contoh Menu Yang Cukup Mengenyangkan Namun Tidak Menggemukkan.

9.Makanlah Tepat
Hanya Jika Anda Merasa Lapar, Artinya Makan Tiga Kali Sehari Dan Hindari Mengudap Camilan Di Antara Waktu-Waktu Makan Tersebut. Kebiasaan Ngemil Jika Sedang Stress, Depresi, Atau Sekedar Iseng Sambil Nonton Tv Sebaiknya Dihindari Kalau Ingin Timbangan Anda Tidak Bergerak Ke Angka Yang Lebih Besar Lagi.

10.Buat Agenda Makan. 
Mungkin Agak Aneh Untuk Sebagian Orang, Namun Keberhasilan Dalam Melakukan Suatu Hal Sudah Terbukti Jika Dibuat Secara Tertulis.  Dengan Menuliskan ; Jenis Makanan, Berapa Banyak Dan Kapan Anda Mengkonsumsi Sesuatu, Anda Akan Lebih Sadar Terhadap Makanan Yang Dikonsumsi Selama Ini. Setelah Beberapa Minggu Evaluasilah Pola Makan Ini, Dan Jika Perlu Buatlah Perubahan Yang Lebih Baik.

11.Jangan Biarkan Diri Anda Merasa Terlalu Lapar. 
Jika Ini Terjadi, Anda Cenderung Akan Makan Melebihi Porsi Yang Seharusnya Anda Konsumsi. Cara Mencegahnya Adalah Makan Dalam Porsi Kecil Tapi Sering, Konsumsilah Makanan Berserat Tinggi Dan Banyak Minum Air Putih.

12.Jangan Terlalu Membatasi Diri. 
Jika Anda Memang Senang Makan Es Krim Atau Kentang Goreng, Konsumsilah Sekali Seminggu Dalam Porsi Kecil. Nikmati Setiap Suapnya. Jika Terlalu Menahan Diri, Bukan Tak Mungkin Anda Akan Mengkonsumsi Secara Berlebihan Di Saat Anda ‘Melanggarnya’.

13.Bersikap Dan Berpikir Realistis.
Berat Badan Ideal Tidak Dapat Dicapai Dalam Satu Malam. Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal Tidak Berarti Anda Tidak Boleh Makan Di Pesta Atau Semacamnya. Jalankan Saja Diet Anda Secara Rasional Dan Fleksibel, Tapi Sesuaikan Dengan Kegiatan Sehari-Hari.

Baca Juga:
Tips Daftar Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Dalam Seminggu Paling Di Anjurkan Dokter

Jika Anda Makan 3 X Sehari Plus 1-2 X Mengudap Camilan, Rasanya Tidak Sulit Untuk Mengkonsumsi Sayur Buah 5 Porsi Sehari, Dengan Tips Berikut :

  1. Pilihan Sarapan Pagi : Omelet Bayam ; Roti Bagel Atau Roti Tawar Panggang Dengan Keju Low-Fat Dan Potongan Tomat ; Pancakes Atau Wafel Dengan Topping Buah ; Sereal Bercampur Buah, Smoothie (Campurannya Bisa Terdiri Dari Strawberry, Jus Buah Dan Yoghurt)
  2. Pilihan Makan Siang : Salad Sayur ; Roti Isi Lettuce, Tomat, Timun, Potongan Kecil Wortel, Bawang Bombay ; Soup Sayur, Pizza Isi Sayuran, Yoghurt Atau Keju Low Fat Dengan Buah.
  3. Pilihan Makan Malam : Lassagna / Pasta Isi Sayur ; Salad Dengan Campuran Daging Ayam Atau Sapi Yang Dipanggang.
  4. Camilan: Apel, Pir, Potongan Pisang Dengan Selai Kacang, Yoghurt Buah.
Sayur / Buah Dalam Kaleng Dan Yang Dibekukan (Frozen) Mengandung Nilai Nutrisi Yang Hampir Sama Dengan Sayur /Buah Segar. Pilihan Lain Yang Juga Praktis Dan Mudah Dikonsumsi Adalah Salad Bar.

Jangan Terpaku Dengan Beberapa Macam Buah Atau Sayuran Yang Sudah Sering Anda Konsumsi Selama Ini. Dengan Begitu Banyak Pilihan, Cobalah Untuk ‘Menggilirnya’ Secara Bergantian, Setiap Minggu Misalnya, Agar Anda Tidak Merasa Bosan.

Jika Makan Malam Anda Kebanyakan Daging, Karbohidrat Dan Sedikit Sayur, Cobalah Untuk Mengubahnya, Misalnya Dengan Menggandakan Porsi Sayur Dan Meminimalkan Porsi Daging. Atau, Menjadi Vegetarian 1 Hari Dalam Seminggu Bisa Jadi Pilihan Yang Sehat

Coba Untuk ‘Tukartambah’ Kandungan Dalam Masakan Favorit Anda. Seperti Sup Buntut Misalnya Kurangi Porsi Dagingnya Dan Tambahkan Porsi Sayurannya. Atau Makanan Barat Seperti Lassagna, Gantikan Potongan Daging Di Dalamnya Dengan Bayam, Brokoli Atau Wortel. Mungkin Saja Anda Sudah Menganggap Sayur Dan Buah Sebagai Makanan Yang Penting , Namun Terbentur Dengan Keraguan Anda Dalam Mengolahnya.

Baca Juga:
Tips Daftar Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Dalam Seminggu Paling Di Anjurkan Dokter

Buku Resep Boleh Saja Dikoleksi, Asal Anda Tahu Tata Cara Dasarnya :
  • Sayur Dari Umbi : Kentang Dan Wortel Selain Dapat Dipanggang Di Oven Atau Di Microwave, Dapat Juga Di Rebus.
  • Sayuran Hijau : Bayam, Sawi Dapat Di Cuci Untuk Kemudian Diasinkan.
  • Asparagus, Brokoli, Kacang Polong Amat Baik Jika Direbus.
Kebanyakan Sayuran Sudah Cukup Enak Untuk Disantap Langsung, Namun Dengan ‘Bantuan’ Bumbu-Bumbuan Seperti Bawang Putih, Bawang Bombay, Kari, Oregano Atau Garlic Powder Rasanya Akan Lebih Gurih. Rebus Atau Asinkan Sayuran Dan Campurkan Dengan Kaldu Ayam Atau Kaldu Sapi Sebagai Penyedap. Misalnya Anda Makan Bayam, Cobalah Untuk Mengolahnya Dengan Bawang Putih, Olive Oil Atau Kaldu Ayam Dan Jangan Lupa Menambahkan Garam Dan Merica.

Tidak Seperti Vitamin Dan Mineral, Serat Bukanlah Zat Makanan. Tapi Serat Amat Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan. Makanan Yang Kandungan Seratnya Tinggi Dapat Mencegah Penyakit Jantung, Diabetes, Kanker Payudara Sampai Kanker Prostat.

Makanan Berserat Tinggi Ini Kebanyakan Kadar Lemak Dan Kalorinya Rendah Namun Dapat Mengenyangkan, Sehingga Amat Baik Dikonsumsi Oleh Orang Yang Ingin Menurunkan Berat Badannya. Asupan Serat 20-35 gr Per-Hari Amat Disarankan Untuk Orang Dewasa.

Termasuk Gandum, Nasi, Jagung Yang Belum Disosoh (Sosoh : Proses Pengupasan Kulit Ari). Tahukah Anda Bahwa Terigu Putih (Yang Bahan Jadinya Sering Anda Konsumsi Yaitu A.L Roti Tawar Putih) Diproses Dari Wheat Grain Yang Telah Disosoh, Sedang Roti Tawar Coklat (Brown Bread) Lebih Banyak Kandungan Seratnya Karena Tidak Melewati Proses Sosoh.

Kedua Jenis Makanan Ini Amat Kaya Akan Serat. Makanlah 5 Porsi Sehari Untuk Kesehatan Anda.

Selain Kaya Serat, Berbagai Ragam Kacang Polong Juga Mengandung Vitamin Dan Mineral Juga Protein. Jika Anda Tak Punya Banyak Waktu Untuk Memasak Kacang Polong Mentah, Kacang Polong Yang Dikemas Dalam Kaleng Bisa Jadi Pengganti, Asal Dicuci Lagi Dengan Air Matang Sebelum Memakannya.

Sejalan Dengan Semakin Tingginya Kesadaran Orang Akan Pentingnya Hidup Sehat, Konsumsi Vitamin Dan Mineral Pun Semakin Jadi Perhatian.

Baca Juga:
Tips Daftar Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Dalam Seminggu Paling Di Anjurkan Dokter

Tapi Tahukah Anda Berapa Banyak Yang Sebenarnya Diperlukan Oleh Tubuh? Bagaimana Cara Mendapatkannya Dan Mana Yang Lebih Baik, Dari Makanan Atau Suplemen?
  • Vitamin C Dan E, Saat Ini Banyak Dikenal Sebagai Antioksidan Bersama-Sama Dengan Beta Karoten. Dengan Kadar Yang Dianjurkan Sebesar 60 Mg Per Hari, Vitamin C Banyak Ditemukan Dalam Buah Dan Sayur. Jika Selama Ini Anda Sudah Mengkonsumsi Buah Dan Sayur Lima Kali Per Hari, Maka Dapat Dipastikan Anda Telah Cukup Mengkonsumsi Vitamin C. Vitamin E Banyak Terkandung Dalam Minyak Sayur, Kacang-Kacangan, Biji-Bijian Dan Ragi, Dengan Kadar Yang Dianjurkan Sebesar 30 Ui Per Hari.
  • Jika Anda Seorang Calon Ibu, Konsumsilah Folat Yang Penting Untuk Mencegah Kelainan Saraf Bawaan Pada Janin, Dalam Bentuk Tablet Asam Folat. Manfaat Lain Dari Folat Adalah Untuk Mencegah Penyakit Jantung. Anjuran Konsumsinya Adalah 400 Mikrogram Per Hari. Folat Banyak Terdapat Dalam Sayur Terutama Daun-Daunan Hijau, Legume, Dan Jus Jeruk.
  • Kalsium Penting Bagi Kesehatan Tulang Dan Gigi. Untuk Orang Dewasa, Konsumsilah 1000 Mg Kalsium Per Hari, Dan Bagi Mereka Yang Berusia Di Atas 50 Th Dianjurkan Untuk Mengkonsumsi 1200 Mg Kalsium Per Hari. Sumber Makanan Berkalsium Tinggi Adalah Susu, Yoghurt, Keju Rendah Lemak Serta Jus Jeruk. Konsumsilah Makanan Ini Sebanyak Tiga Kali Sehari Untuk Mencapai Dosis Sesuai Anjuran, Atau Gunakan Suplemen Jika Masih Belum Mencukupi.
  • Vitamin D Juga Penting Bagi Tulang Karena Ia Membantu Proses Penyerapan Kalsium Ke Dalam Tulang. Asupan Yang Dianjurkan Adalah Sebesar 200 Ui Untuk Dewasa Di Bawah 50 Th ; Di Atas 70 Th 600 Ui ; Dan 400 Ui Untuk Yang Berusia Antara 50-70  Th. Tidak Banyak Jenis Makanan Yang Mengandung Vitamin D, Di Antaranya  Hati, Mentega, Krim Dan Kuning Telur. Jika Anda Minum Susu, Usahakan Untuk Mengkonsumsi Susu Yang Sudah Ditambahkan 100 Ui Vitamin D Per Gelasnya. Jika Anda Tidak Mengunakan Krem Tabir Surya Saat Keluar Rumah, Tubuh Dapat Mensintesis Vitamin D Dari Matahari Pagi. Suplemen Boleh Anda Konsumsi Jika Anda Tidak Merasa Cukup Mendapatkan Vitamin D Hanya Dari Makanan.
  • Bagaimana Dengan Multivitamin ? Kata ‘Multi’ Di Sini Bukan Berarti Bahwa Pil Atau Tablet Ini Bisa Begitu Saja Memenuhi Seluruh Kebutuhan Vitamin Dan Mineral Tubuh. Sebaliknya Berhati-Hatilah, Usahakan Untuk Memilih Suplemen Yang Tidak Terlalu Banyak Kandungan Vitamin Dan Mineralnya, Dengan Kadar Yang Tidak Melebihi Dari 100% Kadar Yang Dianjurkan.
Menu Dan Makanan Sehat Kini Tentu Sudah Anda Kuasai Benar. Mulai Dari Mengkonsumsi Buah Dan Sayur 5 Porsi Per Hari, Makanan Berserat Tinggi Sampai Asupan Vitamin Dan Mineral Yang Proporsional. Selain Berat Badan Sudah Mencapai Ideal, Anda Pun Sudah Mahir Pula Menjaganya. Tapi, Berapa Lama Lagi Anda Harus Menjalaninya ? Jangan Berhenti, Karena Pola Makan Sehat Harus Dilakukan Sepanjang Hidup !

Buang Jauh-Jauh Pemikiran Bahwa Anda Sedang Menjalani Diet. Jika Anda Berpikir Demikian, Maka Pertanyaan ‘Kapan Saya Boleh Berhenti’ Akan Selalu Menari-Nari Di Benak Anda. Identikkan Pola Makan Sehat Dengan Vitalitas Dan Umur Panjang. Tetaplah Mengkonsumsi Makanan Kesukaan Anda. Jangan Hapuskan Cokelat Atau Es Krim Dari Daftar Menu Anda, Yang Penting Jangan Mengkonsumsinya Terlalu Banyak Dan Terlalu Sering.

Jangan Mengkategorikan Makanan Dengan ‘Yang Baik’ Dan ‘Yang Buruk’. Semua Makanan Baik Jika Dikonsumsi Dalam Jumlah Yang Proporsional. Anda Akan Terasa Tidak Nyaman Atau Bahkan Bersalah Saat Mengkonsumsi Makanan Yang Telah ‘Berpredikat’ Buruk. Perasaan Inilah Yang Lebih

Cari Tau Penyebab Anda Makan Berlebih,  Kemudian Hindari. Misalnya, Anda Yang Gemar Membuat Kue Dan Selalu Menghabiskannya  setengah Loyang Sendirian, Ada Baiknya Mengurangi Hobi Ini.

Kendalikan Lidah Anda. Setiap Orang Pasti Punya Daftar Makanan Yang Disukai Maupun Yang Tidak. Beri Diri Anda Waktu Untuk Mencoba Berbagai Makanan Dan Resep, Sehingga Anda Dapat Mengurangi Daftar Makanan Yang Tidak Disukai, Karena Kemungkinan Makanan Tersebut Malah Sebenarnya Berguna Bagi Tubuh.

Pilih Jalan Terbaik Yang Sesuai Dengan Anda. Ada Yang Menyukai Perubahan Langsung, Tapi Ada Juga Yang Senang Melakukannya Secara Bertahap. Terserah Anda. Atur Target Yang Realistis. Fokuskan Pada Perubahan Perilaku, Seperti Makan Lebih Banyak Sayur, Dan Tidak Mengaturnya Lewat Angka, Seperti “Harus Turun 5 Kilo Dalam Dua Minggu.”

Buat Rencana Jangka Panjang. Pertemuan, Olahraga, Jalan-Jalan, Atau Kegiatan Sosial Pasti Ada Dalam Jadwal Harian Anda. Bagaimana Jika Buat Juga Jadwal Untuk Makanan Terutama Camilan. Jika Jadwal Esok Hari Sangat Padat Dan Kemungkinan Anda Tidak Sempat Memasak, Buatlah Masakan Yang Bisa Disimpan Dulu Di Lemari Pendingain Hari Ini. Cara Ini Akan Mengurangi Kebiasaan Tak Sehat Anda, Untuk Mampir Ke Restoran Fast Food.

Informasi Terbaru Seputar Pola Makan Sehat Layak Anda Ketahui. Selalu Aktif Mencari Info Di Majalah, Internet Atau Buku-Buku Adalah Perilaku Yang Dapat Membantu Anda Hidup Lebih Sehat.

DemikianlahTips Daftar Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Dalam Seminggu Paling Di Anjurkan Dokter, Sekian Terimakasih, Luangkan Waktu Anda Juga Untuk Baca Postingan Sebelumnya Yaitu Bermainan Bola Voli Bisa Test Kesehatan Jantung Anda