Penjelasan, Ikan Bisa Mengatasi Bahaya Penyakit Stroke

Penjelasan, Ikan Bisa Mengatasi Penyakit Stroke
wahok-gambar wallpaper stroke

Rajin mengkonsumsi ikan sebanyak dua bahkan lebih dalam seminggu terbukti sangat baik untuk menjaga kesehatan Anda. Pernyataan ini berdasarkan studi terbaru yang dilakukan terhadap 80.000 wanita.

Makan ikan terbukti baik untuk menjaga jantung Anda juga mengurangi risiko stroke hingga separuh dibandingkan dengan orang yang jarang mengkonsumsi ikan tegas Elizabeth Cohen seperti yang dikutip Reuters

Penelitian yang dilakukan di Harvard School of Public Health dan dipublikasikan dalam Journal of the American Medical Association ini juga menemukan bahwa wanita yang memakan ikan lima kali atau lebih dalam sepekan kemungkinan akan mendapat sepertiga risiko mengalami stroke dibandingkan dengan wanita yang hanya makan ikan satu kali sebulan atau tidak sama sekali.

Saya tidak kaget dengan hasil studi ini. Tetapi yang lebih mengherankan adalah manfaat yang sangat demikian besar dari ikan tersebut ujar Dr Meir Stampfer, profesor epidemiologi dan nutrisi di Harvard School of Public Health. Meir mengatakan dia tidak heran efek perlindungan ikan menjadi demikian sangat kuat. Dan walaupun studi ini hanya dilakukan terhadap wanita, hasilnya juga bisa diterapkan untuk pria.

Laporan studi tersebut menjelaskan ikan dapat mengurangi risiko stroke karena lemak yang terkandung dalam ikan terkenal dengan Omega 3 polyunsaturated fatty acids, mencegah terjadinya gumpalan darah, sehingga darah mengalir lancar dalam tubuh. Stroke (thrombotic infarctions) terjadi karena terjadi penyumbatan aliran darah di pembuluh darah arteri yang menyuplai darah ke otak.

Baca Juga:
Penjelasan, Ikan Bisa Mengatasi Penyakit Stroke
Studi itu juga membuktikan bahwa ikan juga berguna untuk mengurangi terjadinya stroke akibat pendarahan karena pecahnya pembuluh darah. Pecahnya pembuluh darah ini dapat pula disebabkan oleh lemahnya kondisi dinding pembuluh darah yang merupakan bawaan sejak lahir.

Makan ikan terbukti membantu kita melampaui risiko stroke baik yang disebabkan oleh gumpalan darah dan pecahnya pembuluh darah ujar Dr Lawrence Brass, profesor neurologi di Yale University Medical School dan juru bicara Asosiasi Stroke Nasional Amerika.

Namun penelitian itu belum menjelaskan apakah makan suplemen minyak ikan juga akan membantu mengurangi risiko stroke. Dalam laporan itu hanya dijelaskan bahwa ikan melindungi tubuh dari serangan jantung. Dan menurut Dr Brass, untuk masalah ini memang masih harus diteliti lebih lanjut.

Peneliti dalam studi ini mengatakan wanita yang makan ikan lebih dari dua kali seminggu juga menjadi lebih sehat secara keseluruhan. Mereka lebih giat olahraga, makan sedikit daging merah dan menjadi anti-merokok. Tetapi masih perlu pembuktian lebih lanjut dalam kontrol statistik yang akurat.

Dr Brass mengatakan mungkin ada faktor lain yang masih sulit dijelaskan. "Mungkin karena rasa ikan yang lebih lezat jika dimakan dengan nasi daripada dengan kentang. Kami belum tahu dengan pasti, tetapi studi ini mengarahkan pada kita telah melangkah ke pilihan yang benar." Dr Brass pun sering menyarankan pada pasiennya bahwa ikan juga baik untuk diet.

Tetapi buru-buru Brass menegaskan bahwa ada beberapa pengecualian jenis ikan yang tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil, ibu menyusui dan anak-anak.

Dan penegasan ini juga dikuatkan oleh FDA, bahwa mereka yang disebut di atas sebaiknya tidak makan ikan hiu, ikan todak dan king mackerel. Karena ikan-ikan tersebut mengandung kadar mercury yang tinggi yang dapat mengganggu sistem syaraf manusia dan janin yang dikandung wanita hamil.

Terimakasih Telah Baca Postingan Penjelasan, Ikan Bisa Mengatasi Bahaya Penyakit Stroke, Semoga Bisa Berguna Dan ber-manfaat, Baca Juga Postingan Terbaru Admin Yaitu Benarkah Minum Wine Bisa Kurang Resiko Penyakit Stroke ?