6 Cara Menahan Emosi Paling Efektif Mengendalikan Amarah Menurut Psikologi

Posting Oleh , Pada
6 Cara Menahan Emosi Dan Efektif Mengendalikan Amarah Menurut Psikologi
wahok-foto gambar anak band

Walaupun marah mempunyai dampak yang kurang baik bagi kesehatan jiwa, tetapi untuk orang yang bisa marah, maka mereka dianggap sebagai orang yang mempunyai kekuatan. Dan ini berpengaruh pada posisi dan status.

Orang yang mengekspresikan kemarahan, akan tampak lebih dominan dan kuat. Dan orang yang melihatnya akan beranggapan bahwa orang ini lebih pintar daripada orang yang mengekspresikan emosi yang berbeda, seperti kesedihan Dan ini memberikan mereka status yang lebih tinggi.

Demikian menurut penelitian ahli dari Psikologi Graduate School of Business di Stanford University di California, dalam Journal of Personality and Social Psychology.

Dari penelitian terlihat bahwa para peserta penelitian yang mengekspresikan perasaan marah memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk didukung, dipilih, dipromosikan, dipekerjakan, diberi upah yang lebih tinggi, dan dipandang kompeten dibanding orang-orang yang menunjukkan perasaan sedih.

Dan orang yang memperlihatkan perasaan sedih dianggap sebagai suatu tanda kelemahan - walaupun individu-individu tersebut dianggap lebih hangat dan disukai. Rasa marah dilihat sebagai suatu tanda kekuatan. Orang-orang yang menunjukkan kemarahan dianggap memiliki indera 'ketepatan', dan kemampuan untuk menyelesaikan segala sesuatunya. Tapi yang harus diingat juga bahwa harga seseorang tidak diukur dari status yang tinggi dan kekuatan yang lebih besar.

Namun pengaruh negatif dari kemarahan tidak dapat dilupakan. Beberapa ekspresi luapan kemarahan mungkin memiliki efek yang berbeda, mungkin mengarah pada persepsi bahwa emosi orang tersebut tidak terkontrol. Pencapaian yang diperoleh dari memperlihatkan kemarahan tidak membantu seseorang untuk tetap memegang posisi yang tinggi.

Rasa marah dan agresi mungkin bisa sukses untuk waktu singkat, dan orang-orang ini dapat memperoleh sesuatu yang diinginkannya dengan cepat. Tapi efek jangka panjangnya dapat merusak persahabatan dengan orang lain, meskipun orang tersebut telah memperoleh status. Ini bukanlah suatu strategi yang baik untuk suatu hubungan jangka panjang.

Baca Juga:
6 Cara Menahan Emosi Dan Efektif Mengendalikan Amarah Menurut Psikologi
foto romantis sepasang kekasih

Berikut Tips Dan Kiat Sukses Cara Kontrol, Mengendalikan Emosional Diri


1.Sadari kalau Anda pemarah
Baik lelaki dan perempuan punya hak untuk marah, karena itu sadari kalau Anda memang pemarah dan sedang marah.

2.Berhitung
Saat emosi tengah memuncak, dan Anda siap meledakkan amarah lakukan hitungan dari satu hingga amarah Anda terhenti. Jika amarah sudah mulai mereda barulah Anda berbicara, jangan meledak-ledak lagi.

3.Lepaskan kekesalan
Amarah yang tidak terkendali hanya akan mengacaukan akal sehat. Rasio bisa macet di jalan. Yang paling penting sekarang adalah melepaskan kekesalan Anda dengan mencari hiburan yang menyenangkan hati.

Misalnya, dengan memutar lagu kesayangan, atau yang lainnya. Setelah merasa tenang cobaah berpikir jernih baru selesaikan persoalan yang membuat Anda marah.

4.Cari teman yang mau menjadi pendengar
Diantara sekian banyak teman Anda, pasti ada salah satunya yang bisa menjadi pendengar yang baik bahkan membantu Anda dalam mengatasi amarah. Dengan adanya umpan balik tersebut bisa jadi akan membuat Anda juga mengerti bahwa apa yang telah dilakukan itu salah atau benar.

5.Kenali masalah
Saat Anda menemui masalah dengan seseorang, jangan langsung didiamkan. Segera datangi dan selesaikan persoalan yang mengganjal tersebut.

6.Marahlah dengan cara yang benar
Setelah tenang, siapkan diri Anda dan katakan dengan volume yang pelan bahwa Anda sedang marah dan akan menyelesaikan persoalan. Semua persoalan akan diselesaikan dengan baik, jika Anda bisa meredam amarah.

Lalu bagaimana dengan perilaku marah pada wanita dan pria, apakah ada perbedaannya?

Mengenai hal ini, sebuah studi yang terdapat pada International Congress on Women's Health Issues menunjukkan bahwa wanita tidak selalu menyimpan dalam-dalam kemarahan itu, walaupun untuk mengekspresikannya masih belum sebebas pria.

Pria cenderung mengeksploitasi kemarahannya untuk mendapatkan apa yang ia inginkan, sementara di pihak lain wanita cenderung menganggap kemarahan sebagai hal yang kontra produktif dan biasanya merasa lebih nyaman dengan memendam perasaan itu dan memilih cara alternatif untuk memperoleh kehendaknya. Wanita merasa malu telah marah, mencoba mengontrolnya, dan meminta maaf untuk itu.

Masyarakat mengharapkan citra wanita itu sabar dan lembut, akibatnya wanita terpaksa mengkamuflasekan kemarahan tersebut. Mereka menyembunyikannya, dan akhirnya terlatih untuk tidak secara langsung menggunakan kemarahan tadi untuk tujuan tertentu. Namun tentu saja, terkadang situasi dapat membuat wanita lebih berani mengekspresikan perasaan-perasaannya, termasuk kemarahan.

Kemarahan dan berbagai perasaan negatif lainnya ternyata mempunyai pengaruh juga pada masalah kesehatan, baik secara fisik maupun mental, misalnya saja tekanan darah tinggi, penyakit jantung, depresi, dan stress. Pengelolaan marah secara tepat dengan sendirinya dapat mengurangi masalah kesehatan tadi, dan tentunya memberi keuntungan bagi individu tersebut.

Terimakasih Telah Baca Postingan 6 Cara Menahan Emosi Paling Efektif Mengendalikan Amarah Menurut Psikologi, Semoga Bisa Berguna Dan ber-manfaat, Baca Juga Postingan Terbaru Admin Yaitu Manfaat Dan Khasiat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh
Loading...
Artikel Yang Di Bagikan Blog www.wahok.com Seperti Foto Wallpaper 3D Png, Jpeg, Audio MP3, Video Film MP4, Gambar Animasi Bergerak Gif, Simbol Logo, Terkadang Dilansir Dari Berbagai Sumber Media Lain, Hak Cipta Sepenuhnya Dipegang oleh Sumber tersebut. Jika ada Masalah Copyright Konten Postingan 6 Cara Menahan Emosi Paling Efektif Mengendalikan Amarah Menurut Psikologi, Anda Dapat Menghubungi Kami DI HALAMAN INI
IKUTI KAMI UNTUK DAPATKAN ARTIKEL TERBARU, MAU ?


wahok.com is ranked 4.8 out of 5. Based on 10 user reviews.
Previous
« Prev Post
Copyright ©2016-2017 WAH OK
Theme by Damzaky
Powered by Kata.co.id