Kawasan Kebun Wisata Tanaman Ilmiah Balitro Bogor Untuk Pendidikan Pertanian

Posting Oleh , Pada
Kawasan Kebun Wisata Tanaman Ilmiah Balitro Bogor Untuk Pendidikan
wahok-foto palang penunjuk jalan balitro

Meski zaman sudah modern, jangan lupakan tanaman ketika sakit. Ya, tanaman obat pun disinyalir ampuh untuk mengobati berbagai penyakit. Kesadaran terhadap tanaman itu mungkin bisa Anda bangkitkan lewat kunjungan ke wisata ini. Pun untuk menambah pengetahuan.

Tempatnya di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balitro). Di sana tersedia berbagai bahan penelitian tentang tanaman obat. Di tempat itu pula Anda bisa melihat jenis tanaman yang belum pernah Anda lihat, seperti kayu upas, dadap serep atau paku kuku. Meski asing, tanaman tersebut berkhasiat obat, sama seperti kumis kucing ataupun brotowali.

Untuk melihat berbagai jenis tanaman berkhasiat obat itu, Anda bisa datang ke Kebun Wisata Ilmiah (KWI) Balitro. Konsep KWI awalnya taman mini, ya taman mini untuk tanaman obat.  Jadi semua tanaman rempah dan obat di Indonesia bisa dijumpai di sini. Bisa dibilang KWI merupakan tempat koleksi plasma nutfah untuk tanaman obat  kata Drs. Taryono, Kepala Seksi Jasa Penelitian Balitro Bogor.

Baca Juga:
Kawasan Kebun Wisata Tanaman Ilmiah Balitro Bogor Untuk Pendidikan Pertanian
gambar via balittro.litbang.pertanian.go.id

KWI dimaksudkan sebagai tempat pemberdayaan serta penggalian potensi tanaman rempah dan obat dari dulu hingga sekarang. Tanaman di sini merupakan tanaman hasil seleksi. Bahkan ada juga yang merupakan hasil penelitian yang pernah dilakukan. Namun tak semua kawasan hanya ditanami oleh tanaman berkhasiat obat saja.

Beberapa di antaranya juga terdapat koleksi tanaman industri. Seperti karet yang merupakan tanaman khas KWI. Menurut Taryono, karet yang ada di KWI yaitu Hevea braciliensis merupakan hasil turunan dari tanaman karet pertama yang datang ke Indonesia. Jenis karet tersebut didatangkan dari Lembah Amazon melalui Kew, London.

KWI sebelumnya bernama Cultuurtuin atau Economic Garden ini merupakan cabang dari Kebun Raya Bogor. Kegiatan kebun ini yang merupakan cikal bakal dari Balai Penelitian Bidang Pertanian, dimulai sejak ditanam dua pohon karet tersebut. Sejak itulah kebun ini tak henti-hentinya mendatangkan dan memasukkan bibit-bibit tanaman berguna dari luar maupun dalam negeri. Bibit tanaman ini ada yang merupakan tanaman perkebunan, industri, pangan, hortikultura bahkan juga tanaman pakan ternak.

Sampai saat ini, setidaknya sudah terdapat 116 jenis tanaman di KWI. Jadi, jika Anda ingin berekreasi sambil menimba ilmu, mengapa tak mengunjungi tempat yang satu ini, apalagi jika dilihat dari jaraknya pun mudah untuk ditempuh.

Terimakasih Telah Baca Postingan, Semoga Bisa Berguna Dan ber-manfaat, Baca Juga Postingan Terbaru Admin Yaitu Daftar Profil 118 Finalis Miss World 2017 Sanya China
Loading...
Artikel Yang Di Bagikan Blog www.wahok.com Seperti Foto Wallpaper 3D Png, Jpeg, Audio MP3, Video Film MP4, Gambar Animasi Bergerak Gif, Simbol Logo, Terkadang Dilansir Dari Berbagai Sumber Media Lain, Hak Cipta Sepenuhnya Dipegang oleh Sumber tersebut. Jika ada Masalah Copyright Konten Postingan Kawasan Kebun Wisata Tanaman Ilmiah Balitro Bogor Untuk Pendidikan Pertanian, Anda Dapat Menghubungi Kami DI HALAMAN INI
IKUTI KAMI UNTUK DAPATKAN ARTIKEL TERBARU, MAU ?


wahok.com is ranked 4.8 out of 5. Based on 10 user reviews.
Previous
« Prev Post
Copyright ©2016-2017 WAH OK
Theme by Damzaky
Powered by Kata.co.id