Sejarah Asal Usul Terusan Kra Thailand Seperti Terusan Suez Dan Panama, Apakah Berdampak Buruk Untuk Indonesia, Singapura dan Malaysia ?

Posting Oleh , Pada
Sejarah Asal Usul Terusan Kra Raksasa Baru Thailand Seperti Terusan Suez Dan Panama, Apakah Berdampak Buruk Untuk Indonesia, Singapura dan Malaysia ?
wahok-foto gambar map peta canal kra

Fakta Awal Mula Terusan Kra yang kabarnya terus ini dapat mempersingkat waktu pengiriman barang dari laut khusunya di Asia disarankan pada awal tahun 1677 silam oleh Raja Thai Narai, dimana ia meminta insinyur Prancis de Lamar untuk mensurvei kemungkinan membangun jalur air untuk menghubungkan Songkhla dengan Marid sekarang Myanmar, namun Gagasan itu dibuang sebagai tidak praktis dengan teknologi saat itu.

Pada 1793 Membuat Kra Canal atau Kanal Kra Isthmus itu muncul kembali ketika Maha Sura Singhanat adik laki-laki Raja Chakri (Rama I) menyarankan agar segera buat kanal dibuat untuk melindungi pantai barat dengan kapal-kapal militer yang dikenal pada zaman itu peperangan masih banyak kecamuk diasia.

Pada awal abad ke-19, British East India Company menjadi tertarik pada Kanal Kra Isthmus. Setelah Burma menjadi koloni Inggris pada tahun 1863, sebuah eksplorasi dilakukan dengan Victoria Point ( Kawthaung ) namun hasilnya masihl negatif.
Sejarah Asal Usul Terusan Kra Raksasa Baru Thailand Seperti Terusan Suez Dan Panama
Peta map Terusan Kra  Thailand via wikipedia
Pada tahun 1882, konstruktor kanal Suez, Ferdinand de Lesseps mengunjungi daerah tersebut, namun raja Thailand tidak mengizinkannya untuk menyelidiki secara rinci.

Pada tahun 1897 Thailand dan kerajaan Inggris sepakat untuk tidak membangun kanal sehingga dominasi regional pelabuhan Singapura akan terjaga.

Gagasan Pembuatan kanal Kra Isthmus telah diperiksa di zaman modern sejak tahun 1930an, namun tidak pernah terwujud karena tingginya biaya dan dampak pada ekosistim hewan dalam lingkungan laut.

Pada abad ke-20 gagasan pembuatan Terusan Kra Raksasa Baru Thailand muncul kembali, termasuk dengan rute di Thailand selatan yang menghubungkan Bandon Bay di dekat Surat Thani dengan Phang Nga.

Terusan Kra Dengan Selat Malaka
Selama ini jika kapal tanker minyak, kapal cargo curah dan kapal kontainer melewati selat malaka akan tetapi jika Terusan Kra telah jadi maka bisa Diperkirakan sekitar 80 persen pasokan minyak dan gas seperti negara Jepang dan Korea Selatan lebih melewati terusan raksasa itu dan tidak lagi melewati Selat malaka.

Pada awal 2015 seruan untuk studi kelayakan pembuatan terusan raksasa Kra Baru Thailand tersebut telah diajukan Asosiasi Budaya dan Ekonomi Thailand-China, dan mereka mengatakan bahwa Kanal tersebut dipercaya akan mengakhiri kemerosotan ekonomi Thailand dan menjadikannya sebagai pusat pengiriman dan ekonomi global menandingi Terusan Panama.

Pada tanggal 15 Mei 2015 sebuah nota kesepahaman ditandatangani oleh perusahaan Investasi dan Pengembangan Kra Infrastructure China-Thailand di Guangzhou untuk memajukan proyek tersebut.

Pada tanggal 19 Mei 2015 pemerintah Thailand menolak laporan bahwa sebuah kesepakatan telah ditandatangani dengan China untuk membangun kanal tersebut. Terusan tersebut diperkirakan memakan waktu sepuluh tahun berarti 2025  akan rampuk untuk menyelesaikan kanal tersebut dengan biaya sebesar antara 20 hingga 25 juta dolar Amerika dengan memperkerjakan setidaknya lebih 30,000 orang.

Dengan selesainya pembangunan terusan kanal kra thailand, bagaimana dengan ekonomi dari tiga negara seperti singapura, malaysia dan indonesia yang berada pada selat malaka dikenal saat ini memiliki pelabuha yang banyak dikunjungi oleh kapal-kapal luar negeri?

ref;en.wikipedia.org
Terimakasih Telah Baca Postingan Sejarah Asal Usul Terusan Kra Raksasa Baru Thailand Seperti Terusan Suez Dan Panama, Apakah Berdampak Buruk Untuk Indonesia, Singapura dan Malaysia ?, Semoga Bisa Berguna Dan ber-manfaat, Baca Juga Postingan Terbaru Admin Yaitu Daftar Dan Foto Profil Model Playboy Playmates 2017 Benar Super Model Seksi Dan Hot biodata daftar list terusan kanal terbesar dan terlebar didunia profil Donald Rumsfeld
Loading...
Artikel Yang Di Bagikan Blog www.wahok.com Seperti Foto Wallpaper 3D Png, Jpeg, Audio MP3, Video Film MP4, Gambar Animasi Bergerak Gif, Simbol Logo, Terkadang Dilansir Dari Berbagai Sumber Media Lain, Hak Cipta Sepenuhnya Dipegang oleh Sumber tersebut. Jika ada Masalah Copyright Konten Postingan Sejarah Asal Usul Terusan Kra Thailand Seperti Terusan Suez Dan Panama, Apakah Berdampak Buruk Untuk Indonesia, Singapura dan Malaysia ?, Anda Dapat Menghubungi Kami DI HALAMAN INI
IKUTI KAMI UNTUK DAPATKAN ARTIKEL TERBARU, MAU ?


wahok.com is ranked 4.8 out of 5. Based on 10 user reviews.
Previous
« Prev Post
Copyright ©2016-2017 WAH OK
Theme by Damzaky
Powered by Kata.co.id