Keluarga Menjadi Korban Narkoba, Lakukan Dengan 3 Tips Dan Kiat Oleh Dokter ini, Semoga Berhasil

Posting Oleh , Pada
3 Cara ini, Sangat Paling Ampuh Membina Orang Yang Menjadi Korban Narkoba Jenis Apapun
wahok-foto gambar ilustrasi keluarga sedang bermain disamping kolam renang

Pembentukan identitas dan citra diri baru bagi korban narkoba pasca rehabilitasi, sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental mereka. Untuk itu keluarga perlu mempersiapkan diri dalam membatu. Remaja mengembangkan identitas diri berdasarkan pengalaman hidupnya. Pengalaman dengan kelompok pecandu dan sebagai seorang pecandu membentuk identitas dan konsep dirinya.

Tugas keluarga yang menerima kembali anak mereka setelah rehabilitasi adalah membantunya mengembangkan identitas baru, sebagai seorang yang dapat mengatakan "tidak" terhadap narkoba. Karena identitas membentuk dasar dari kehidupan saat dewasa, lingkungan (dalam hal ini keluarga) punya peran besar agar identitas anak terjadi seoptimal mungkin.

Pemahaman Diri Untuk membentuk suatu identitas, individu harus mempunyai pemahaman atau pengetahuan tentang diri sendiri. Dengan mengetahui akan dirinya, individu dapat membatasi dan mengatur pilihan identitasnya.

Lihat Juga:
Keluarga Menjadi Korban Narkoba, Lakukan Dengan 3 Tips Dan Kiat Oleh Dokter ini, Semoga Berhasil
Seseorang yang cukup terintegrasi dan memiliki kesadaran yang cukup untuk memiliki dunia batin dan pengertian tentang diri sendiri, akan mampu bertahan terhadap kecemasan yang menyerang. Pembentukan identitas merupakan suatu prestasi yang perlu dihargai dan didorong, serta berkaitan dengan kesehatan psikologis seseorang.

Keluarga perlu melakukan intervensi bila proses pembentukan identitas menyimpang dari jalan yang benar dan memerlukan bantuan. Di sinilah peran orang tua dalam membina anak remaja korban narkoba, saat mereka mengetahui bahwa anak mereka telah menyalahgunakan narkoba, ketika anak dalam proses mendapat terapi/pengobatan, dan pada tahap pasca rehabilitasi.

Keluarga memainkan peran yang bermakna di dalam pembentukan identitas remaja, dengan membiarkan mereka berbeda pendapat dengan orangtuanya, namun tetap mempertahankan keterkaitan emosional dengan mereka.

Cara Pendekatan Kepada Korban, Berlandaskan teori, penelitian, dan kebijakan pemerintah tentang penanggulangan penyalahgunaan narkoba, telah disusun kerangka konseptual tentang cara pendekatan keluarga agar mereka siap membina anak korban narkotika.

Berikut 3 Tips Dan Kiat Oleh Dokter Bagaimana Cara Tangani Masalah Orang Yang Menjadi Korban Kecanduan Narkoba

1.Melihat, mengamati, atau mendengar, anaknya jadi korban narkoba.
Yang dibutuhkan anak dari orangtua adalah sikap mencoba memahami dengan memberi kesempatan atau mendorong anak untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya, alasan, atau hal-hal yang mendorongnya menjadi adiksi.

Orangtua sebaiknya menunjukkan empati bahwa mereka dapat ikut merasakan dari sudut pandang anak, memperlihatkan bahwa mereka tetap dapat menerima anak, serta percaya akan kemampuan anak untuk mengatasi masalah ini.

Anak sangat membutuhkan dukungan orangtua (walaupun mungkin ia tidak memperlihatkannya), karena pada tahap ini identitasnya kabur, berdasarkan interaksi dan komunikasinya dengan kelompok pecandu lainnya. Keluarga atau orangtua pada tahap ini perlu mencari informasi sebanyak mungkin tentang masalah kecanduan, berkonsultasi pada para ahli, dan mengikuti seminar, lokakarya, atau pelatihan, sehingga dapat membantu anak secara optimal.

2.Anak korban narkoba dalam proses pengobatan/terapi.
Mungkin untuk sementara waktu anak berpisah dari keluarganya. Keluarga perlu mempersiapkan anak untuk perubahan lingkungan ini, jangan sampai anak menginterpretasinya sebagai penolakan dari pihak keluarga.

Ia perlu tahu bahwa orangtua akan terus mendampinginya dalam proses penyembuhan ini. Mereka hendaknya secara berkala menengoknya di tempat penampungannya, juga melakukan kontak lewat telepon atau surat menyurat.

Anak perlu merasa bebas mengungkapkan pengalaman dan uneg-unegnya. Keluarga harus terus bekerjasama dengan kalangan medis, psikiater, psikolog, atau penyuluh, sehingga selalu ada komunikasi dua arah. Anak diberi dukungan dan dorongan untuk menguatkan kepribadian dan motivasinya untuk sembuh.

3.Pasca rehabilitasi, penanganan lanjutan.
Anak kembali ke lingkungan keluarga setelah dinyatakan sembuh dari ketergantungan pada narkoba. Sekarang saatnya bagi anak untuk membentuk identitas baru, bukan lagi sebagai penyalahguna narkoba, tetapi sebagai seseorang yang mulai hidup baru, yang sehat mental dan fisiknya serta mempunyai semangat dan keinginan untuk memulai masa depan yang cerah.

Peran keluarga amat menentukan keberhasilan anak dalam menemukan identitas baru ini dan membangun konsep diri yang positif. Jangan sampai anak mengalami kekambuhan, dan kalaupun ini terjadi hendaknya orangtua tidak bereaksi dengan kepanikan atau ungkapan kekecewaan. Orangtua hendaknya memberikan empati dan pemahaman akan kesulitan yang dialami anak. Tetap memberi kepercayaan kepada anak, di samping mengambil tindakan agar hal ini tidak terulang lagi.

Orangtua perlu mendorong anak mengembangkan hobi dengan menyediakan sarana dan prasarana. Mereka pun perlu didampingi untuk mendekatkan diri pada Tuhan, berdoa, berzikir, memberikan pada anak perasaan aman dan tenang sebagai relaksasi yang amat menunjang kesembuhannya, sehingga dapat bertahan terhadap godaan internal dan eksternal

Terimakasih Telah Baca Postingan 3 Cara Paling Ampuh Membina Orang Yang Menjadi Korban Narkoba Jenis Apapun, admin kutip dari DR. S.C. Utami Munandar Semoga Bisa Berguna Dan ber-manfaat, Baca Juga Postingan Terbaru Admin Yaitu Gambar Wallpaper Mobil Plymouth Prowler, Kedaraan Model Tempo Dulu Mosaic gambar Tato 3D Keren, gratis mp3 terbaru, unik, fakta biografi model artis Visite HTTP://WWW.WAHOK.COM
Loading...
Artikel Yang Di Bagikan Blog www.wahok.com Seperti Foto Wallpaper 3D Png, Jpeg, Audio MP3, Video Film MP4, Gambar Animasi Bergerak Gif, Simbol Logo, Terkadang Dilansir Dari Berbagai Sumber Media Lain, Hak Cipta Sepenuhnya Dipegang oleh Sumber tersebut. Jika ada Masalah Copyright Konten Postingan Keluarga Menjadi Korban Narkoba, Lakukan Dengan 3 Tips Dan Kiat Oleh Dokter ini, Semoga Berhasil, Anda Dapat Menghubungi Kami DI HALAMAN INI
IKUTI KAMI UNTUK DAPATKAN ARTIKEL TERBARU, MAU ?


wahok.com is ranked 4.8 out of 5. Based on 10 user reviews.
Previous
« Prev Post
Copyright ©2016-2017 WAH OK
Theme by Damzaky
Powered by Kata.co.id