Tips Memilih Ikan Mas Koki Hias Yang Bagus, Benar, Sehat Dan Berkualitas

Posting Oleh , Pada
Tips Memilih Ikan Mas Koki Yang Bagus, Benar, Sehat Dan Berkualitas
wahok-Galeri Gambar Ikan Mas Koi Di Kolam Halaman Rumah Mewah | jenis ikan koki yang mahal Dan cara memilih ikan mas koki oranda jumbo, koki ryukin, ranchu Untuk kontes

Di saat saya sedang melihat-lihat ikan di salah satu pusat penjualan ikan hias di Jakarta, terdengar suatu pembicaraan antara dua orang penggemar ikan. Inti pembicaraannya berkisar pada keinginan mereka untuk memelihara ikan mas koki. Sudah beberapa kali mereka mencoba untuk memelihara ikan mas koki, tapi ikan yang dibelinya tidak pernah awet dan tingkat kematiannya cukup tinggi.

Bagi para pemain senior, memelihara ikan mas koki memang sangat menyenangkan dan relatif mudah. Akan tetapi, bagi para pemula, mereka kadang menemui kesulitan dalam hal cukup tingginya tingkat kematian ikan jenis ini bila mereka belum mengetahi tips-tips khusus yang bisa di terapkan. Hal ini sering kali membuat para pemula berkecil hati untuk mencoba memelihara lagi. Untuk itu, sebagai salah satu penggemar berat ikan mas koki, saya ingin berbagi pengalaman dalam memilih ikan mas koki dengan baik.
Tips Memilih Ikan Mas Koki Yang Bagus, Benar, Sehat Dan Berkualitas
sketsa lukisan seorang putri yakuza jepang bersama ikan koi Untuk  Desain Rajah Tato
Berikut Tips Mudah Bagaimana Cara Memilih Ikan emas Koki:
  • Bentuk serta ukuran akuarium yang kita miliki akan menentukan jenis ikan yang akan kita beli. Dalam memelihara mas koki bentuk akuarium yang ideal yaitu yang memiliki proporsi panjang (100 cm), lebar (40-50cm), dan tinggi (40cm). Untuk akuarium ukuran besar, bisa berlaku kelipatannya atau bisa disesuaikan ukuran panjang-lebar-tinggi-nya sehingga terlihat serasi. Bentuk akuarium seperti diatas memungkinkan ikan mas-koki untuk bergerak lebih leluasa.
  • Dalam menentukan jumlah serta ukuran ikan mas koki perlu disesuaikan dengan besarnya akuarium yang kita miliki. Ikan berukuran kecil kadang bisa mengalami stress dalam akuarium yang cukup besar. Juga jumlah ikan yang terlalu sedikit dalam akuarium yang cukup besar dapat menimbulkan stress pada ikan. Jadi jumlah serta ukuran ikan yang hendak di beli sebaiknya disesuaikan dengan akuarium yang kita miliki.
  • Setiap kali membeli ikan mas koki tidak harus selalu sepasang. Apabila hanya ada satu ikan yang memenuhi kriteria pemilihan, jangan sungkan untuk mengutarakan pada penjual apakah boleh membeli hanya satu ekor saja. Penjual yang baik biasanya tidak akan keberatan bila anda hanya membeli satu ekor saja.
  • Dalam memilih, tentu kita akan memilih ikan mas koki yang bentuknya serta warnanya ideal mendekati kesempurnaan yang telah ditentukan oleh standar masing-masing jenis. Akan tetapi hal ini jangan dijadikan satu-satunya pedoman dalam memilih ikan. Yang amat penting untuk diperhatikan selain kriteria di atas yaitu pilihlah ikan yang gesit. Ikan yang sehat memiliki kecenderungan untuk bergerak lincah dan bertenaga.
  • Sebagai pedoman tambahan, perlu kita perhatikan juga sifat serta tingkah laku dari ikan tersebut di dalam akuarium si penjual sebelum kita menentukan pilihan kita. Ikan yang sehat, selain lincah dan bertenaga, sering kali rajin mencari-cari makanan di dasar akuarium. Meski kedengarannya agak sulit untuk diterapkan, hal ini menuntut kejelian untuk mengamati hal ini untuk meyakinkan bahwa ikan yang kita pilih benar-benar sehat.
  • Perlu diperhatikan juga anatomi tubuh. Untuk mas koki yang memiliki sirip punggung, pada ikan yang sehat, sirip punggung biasanya akan berdiri tegak (mekar) dan tidak kuncup. Sebaiknya hindari ikan mas koki yang pembuluh darah pada ekornya terlihat. Pembuluh darah terlihat jelas terutama pada ikan koki yang memiliki ekor berwarna putih. Hindari pula ikan mas koki yang katup insang-nya terbuka karena akan mudah terinfeksi berbagai kuman atau parasit bila kualitas air tidak baik.
  • Perlu dihindari parasit-parasit maupun jamur berwarna putih serta berbagai jenis kutu seperti kutu jarum pada ikan mas koki. Parasit, jamur, dan kutu ini biasanya terdapat pada sirip punggung, ekor, sirip belakang dekat anus. Keberadaan jamur dan kutu tersebut tidak dapat di sepelekan dan kerap kali menjadi masalah serius bagi kesehatan ikan. Parasit atau jamur bisa juga dijumpai pada mata maupun jambul pada ikan mas koki berjambul.

Dengan disiplin menerapkan cara memilih ikan seperti diatas, para pemula dapat menikmati seni memilih ikan dengan baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil, Terimakasih Telah Baca Postingan Tips Memilih Ikan Mas Koki Hias Yang Bagus, Benar, Sehat Dan Berkualitas, Semoga Bisa Berguna Dan ber-manfaat, Baca Juga Postingan Terbaru Admin Yaitu Tips: 5 Cara Merawat Dan Periksa Kesehatan Anjing Anda Agar Lebih Sehat Tidak Berpenyakit Arti Kata, Denifisi, Asal Usul, Fakta, Sejarah, Foto, Gambar, Video, Daftar, Harga, jenis ikan koi dan harganya, ikan koi blitar ikan koi wikipedia
Loading...
Artikel Yang Di Bagikan Blog www.wahok.com Seperti Foto Wallpaper 3D Png, Jpeg, Audio MP3, Video Film MP4, Gambar Animasi Bergerak Gif, Simbol Logo, Terkadang Dilansir Dari Berbagai Sumber Media Lain, Hak Cipta Sepenuhnya Dipegang oleh Sumber tersebut. Jika ada Masalah Copyright Konten Postingan Tips Memilih Ikan Mas Koki Hias Yang Bagus, Benar, Sehat Dan Berkualitas, Anda Dapat Menghubungi Kami DI HALAMAN INI
IKUTI KAMI UNTUK DAPATKAN ARTIKEL TERBARU, MAU ?


wahok.com is ranked 4.8 out of 5. Based on 10 user reviews.
Previous
« Prev Post
Copyright ©2016-2017 WAH OK
Theme by Damzaky
Powered by Kata.co.id