Cara Mencegah Osteoporosis, Pengobatan Tulang Keropos Pada Wanita Dan Pria

Posting Oleh , Pada
Cara Mencegah Osteoporosis, Pengobatan Tulang Keropos Pada Wanita Dan Pria
wahok-definisi tanda dan gejala penyakit osteoporosis pengeroposan pada tulang manusia

Dewasa ini banyak sekali dibicarakan tentang keropos tulang atau osteoporosis, terutama dikalangan kaum wanita. Timbul pertanyaan, kenapa wanita yang banyak kuatir tentang osteoporosis, dan mengapa bukan laki-laki, Osteoporosis pada wanita sangat erat kaitannya dengan haid atau menstruasi, sedangkan laki-laki sama sekali tidak pernah mengalami haid, sehingga pada laki-laki akan sedikit ditemukan kejadian keropos tulang atau osteoporosis.

Selama wanita masih haid teratur, kedua/salah satu indung telurnya masih cukup memproduksi hormon estrogen, dan hormon estrogen inilah yang menjaga agar tulang tidak sepat mengalami keropos . Jadi kalau seorang wanita sampai tidak haid bertahun-tahun, maka keropos tulang sangat mudah terjadi. Osteoporosis adalah hilangnya masa tulang, tulang menjadi rapuh, dan akhirnya patah. Tulang terlihat seperti kayu yang dimakan rayap. Setahun tidak haid, berarti hilangnya masa tulang 3 sampai 4 %.

Lihat Juga:
Osteoporosis dapat menyebabkan nyeri tulang yang hebat, yang pada umumnya disangka rematik atau saraf kejepit. Banyak sekali digunakan obat-obat antirematik, atau obat-obat anti nyeri yang lain. Padahal penyebabnya adalah karena kekurangan hormon estrogen, sehingga pengobatannya yang benar adalah dengan pemberian hormon estrogen.
Osteoporosis, Pengobatan Tulang Keropos
Banyak wanita yang menderita osteoporosis tidak mengalami keluhan apapun. Karena tidak ada keluhan, maka jarang ke dokter. Mereka baru ke dokter, kalau telah terjadi patah tulang, dan ini biasanya sudah terlambat. Tindakannya dalah operasi. Kalau sudah begini, apa artinya lagi panjang umur. Wanita akan hidup dengan korsi roda atau pakai tongkat, dan kegiatannya sehari-hari sangat tergantung dari orang lain.

Baca juga:
Di negara-negara maju, biaya yang dikeluarkan untuk osteoporosis sangat tinggi, mencapai milyar dollar per tahun. Di Indonesia belum ada data pasti tentang osteoporosis. Namun dengan taraf hiduf yang makin miningkat, pasti kejadian osteoporosispun akan meningkat pula. Selain karena kekurangan hormon Estrogen, perubahan pola hidup modern, seperti kurang olah raga, merokok, alkohol, banyak mengkonsumsi cocacola, atau minim kopi yang berlebihan, juga merupakan risiko terkena osteoporosis.

Moto Kesehatan "pencegahan adalah lebih baik dari pengobatan" berlaku juga untuk osteoporosis. Kalau sudah sampai terkena osteoporosis, maka pengobatannya menjadi sulit. Paling-paling diberikan obat anti nyeri, atau fisioterapi, atau kalau sudah patah, operasi merukan cara terbaik, Supaya jangan sampai terjadi patah tulang, atau jangan sampai osteoporosis yang telah ada menjadi berat lagi, dapat dilakukan pencegahan sedini mungkin. Karena penyebab osteoporosis disebabkan kekurangan hormon estrogen, maka pencegahannya yang rasional adalah dengan pemberian hormon estrogen. Telah terbukti, bahwa pemberian estrogen dapat mencegah patah tulang sampai 60-70 %. Selain dapat mencegah patah tulang, pemberian estrogen dapat pula mencegah penyakit jantung koroner, strok, kanker usus, linglung / pikun ( demensia).
Cara Mencegah Osteoporosis, Pengobatan Tulang Keropos Pada Wanita Dan Pria
Karena begitu banyak keuntungan yang diperoleh dengan Estrogen, sehingga Estrogen paling banyak digunakan dalam pencegahan osteoporosis. Perlu disadari, bahwa tulang tidak hanya terdiri dari mineral saja, juga terdiri dari jaringan kolagen. Kolagen membuat tulang menjadi lentur atau elastis. Pemberian kalsium saja dapat membuat tulang kuat, tetapi tidak membuat tulang menjadi lentur. Pemberian Estrogen akan merangsang pembentukan kolagen. Estrogen dan kalsium membuat tulang kuat dan menjadi elastis.

Estrogen diberikan terusmenerus sampai 10 - 20 tahun. Kalau tiba-tiba dihentikan, proses osteoporosis akan kembali lagi. Miskipun pemberian Estrogen begitu banyak keuntungannya, dan telah banyak digunakan di negara-negara maju, namun penggunaannya di Indonesia masih relatif rendah. Salah satu alasannya, kenapa di Indonesia rendah adalah, takut akan kanker payudara.

Lihat Juga:
Banyak dokter takut memberikan estrogen untuk pasiennya, juga takut terjadi kanker payudara. Dari banyak penelitian yang dilakukan, apakah itu penelitian epidemiologik, maupun meta analisis, tidak dijumpai hubungan antara estrogen dan kejadian kanker payudara. Yang tidak menggunakan dan yang menggunakan estrogen, kejadian kanker payudara tidak ada perbedaan.

Di negara-negara maju, wanita menopause yang meninggal akibat Penyakit jantung koroner 10 kali lebih tinggi, dibandingkan akibat kematian kanker payudara, selain itu, angka kejadian kanker payudara stadium lanjut turun jumlahnya. Hal ini disebabkan, karena wanita yang menggunakan estrogen rajin melakukan deteksi dini kanker payudara, sedangkan wanita yang tidak menggunakan estrogen jarang melakukan deteksi dini. Wanita dianjurkan melakukan mamografi setiap 1 - 2 tahun sekali.

Jangan biarkan tidak haid jangka panjang, karena hal ini erat kaitannya dengan masalah kesehatan wanita. Di Indonesia banyak makanan yang mengandung estrogen, seperti tahu, tempe, dan buah pepaja, dan telah terbukti makanan jenis ini dapat mengurangi kejadian osteoporosis.

Terimakasih Telah Baca Postingan Cara Mencegah Osteoporosis, Pengobatan Tulang Keropos Pada Wanita Dan Pria, Semoga Bisa Berguna Dan ber-manfaat, Baca Juga Postingan Terbaru Admin Yaitu 6 Tips Bagaimana Cara Menawarkan Transaksi Yang Lebih Baik Arti Kata, Denifisi, Asal Usul, Fakta, Sejarah, Foto, Gambar, Video, Daftar, etiologi osteoporosis
Artikel Yang Di Bagikan Blog www.wahok.com Seperti Foto Wallpaper 3D Png, Jpeg, Audio MP3, Video Film MP4, Gambar Animasi Bergerak Gif, Simbol Logo, Terkadang Dilansir Dari Berbagai Sumber Media Lain, Hak Cipta Sepenuhnya Dipegang oleh Sumber tersebut. Jika ada Masalah Copyright Konten Postingan Cara Mencegah Osteoporosis, Pengobatan Tulang Keropos Pada Wanita Dan Pria, Anda Dapat Menghubungi Kami DI HALAMAN INI
IKUTI KAMI UNTUK DAPATKAN ARTIKEL TERBARU, MAU ?


wahok.com is ranked 4.8 out of 5. Based on 10 user reviews.
Previous
« Prev Post
Copyright ©2016-2017 WAH OK
Theme by Damzaky
Powered by blogger