Cara Hindari Sudden infant Death Syndrom ( SIDS ) Kematian Bayi Secara Mendadak

Posting Oleh , Pada
Cara Hindari Sudden infant Death Syndrom ( SIDS ) Kematian Bayi Secara Mendadak
wahok-pengertian dan definisi Sudden infant Death Syndrom ( SIDS )

Sindrom kematian bayi mendadak atau disingkat SIDS  alias sudden infant death syndrome memang menjadi momok yang menakutkan bagi semua orang tua dan telah menimbulkan cukup banyak kesedihan bagi para orangtua, faktanya, Sayangnya sampai saat ini para pakar masih belum dapat memastikan apa sesungguhnya dibalik sindroma ini atau bagaimana cara untuk mencegahnya, Beberapa peneliti Italia mungkin telah menemukan petunjuk lain untuk mengungkap misteri ini.

Beberapa kasus SIDS, menurut peneliti ini, dapat dikaitkan dengan masalah ritme jantung yang disebut sindroma QT-memanjang. Salah satu alasan mengapa temuan ini dianggap penting ialah karena sindroma QT memanjang suatu ketidaknormalan ritme jantung yang biasanya turun-temurun dalam keluarga.

Hal ini dapat dideteksi melalui elektrokardiogram (juga disebut EKG atau ECG – electrocardiogram). Peneliti Peter J Schwartz, MD, dari University of Pavia di Italia mengatakan bahwa dia ingin agar semua bayi diperiksa untuk memastikan masalah jantung ini, tetapi pakar-pakar lain masih mempertanyakan biaya dan pentingnya pemeriksaan seperti itu dilakukan dimana-mana.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam edisi terakhir The New England Journal of Medicine, Schwartz dan koleganya melaporkan tentang seorang bayi yang mengalami kematian mendadak dan akhirnya terdiagnos mengidap masalah jantung.

Baca Juga:
Cara Hindari Sudden infant Death Syndrom ( SIDS ) Kematian Bayi Secara Mendadak
Bayi berusia 7 minggu tersebut dalam keadaan sehat sebelum ditemukan telah membiru, tidak ada denyut jantung dan tidak bernafas. Dia dilarikan ke ruang darurat dan akhirnya para dokter berhasil menyelamatkan nyawanya.

Begitu jantungnya mulai berdenyut normal, mereka menemukan bahwa dia mengidap sindrom QT-memanjang dan juga ketidaknormalan genetika ditemukan pada orang yang mengidap penyakit ini. Bayi tersebut akhirnya diberikan obat dan lima tahun kemudian, ritme jantungnya membaik dan dia tidak lagi mengalami masa-masa seperti itu.

Laporan ini merupakan lanjutan dari studi yang dilakukan selama 19 tahun sebelumnya terhadap lebih dari 34.000 bayi. Para peneliti yang sama menemukan pada tahun 1998 bahwa bayi yang mempunyai sindroma QT-memanjang lebih besar kemungkinannya meninggal akibat SIDS.

Temuan-temuan ini telah memicu perdebatan di kalangan dokter anak dan pakar SIDS. Intinya, apakah pemeriksaan semua bayi untuk memastikan masalah jantung ini masuk akal atau bahkan perlu. Apakah pemeriksaan ini akan membantu menurunkan kematian akibat SIDS. Apakah bukti riset yang menghubungkan QT-memanjang dengan SIDS ini cukup meyakinkan.

Berdasarkan studinya selama dua puluh tahun terakhir, Schwartz yakin bahwa semua bayi sebaiknya diperiksa untuk memastikan sindroma QT-memanjang ini. Dia mengatakan, sekalipun tidak mengakibatkan SIDS, sindroma ini akhirnya dapat saja menyebabkan kematian seorang anak kemudian hari.

Tetapi Michael Corwin, MD - seorang dosen anak Fakultas Kedokteran di Boston University dan ketua tim data dan evaluasi di Pusat Pendukung Program SIDS dan Kematian Bayi Nasional (National SIDS and Infant Death Program Support Center) - yakin bahwa tidak tepat melakukan EKG terhadap semua anak yang baru lahir untuk memeriksa adanya sindroma QT-memanjang ini.

Selain itu biaya pemeriksaan setiap bayi jauh melebihi kemungkinan risikonya merupakan sebuah masalah utama. Corwin yakin, mungkin lebih baik orang memusatkan pikiran pada pemeriksaan bayi yang berisiko tinggi menderita sindroma QT-panjang, seperti bayi yang mempunyai sejarah keluarga dalam hal denyut jantung tidak teratur atau bayi yang mempunyai denyut jantung yang sangat rendah waktu masih ada dalam kandungan.

Paling tidak hasil ini memicu para peneliti lain untuk mempelajari penyebab yang mungkin telah mulai terjadi sebelum lahir. Dalam otopsi bayi yang meninggal akibat SIDS, para peneliti menemukan ketidaknormalan pada pangkal otak, yang barangkali terjadi ketika sang bayi masih dalam kandungan ibunya.

Ketidaknormalan ini mungkin menjadi penyebab masalah pernafasan yang diamati pada beberapa bayi yang meninggal akibat SIDS. Sayangnya, belum ada cara untuk mencegah SIDS secara keseluruhan. Tetapi, faktor-faktor tertentu yang mungkin memperbesar kemungkinan kasus ini telah teridentifikasi. Sikap hati-hati tidak akan menjamin bahwa seorang bayi akan luput dari SIDS, tetapi tindakan ini dapat memperkecil risikonya.
Cara Hindari Sudden infant Death Syndrom ( SIDS ) Kematian Bayi Secara Mendadak
Berikut ini beberapa tips dan kiat yag dapay memperkecil risiko kematian yang diakibatkan penyakit SIDS.

Selalu tidurkan bayi Anda dengan terlentang. Ini barangkali merupakan langkah paling penting untuk mencegah SIDS, karena tidur dengan tengkurap terbukti telah memperbesar kemungkinan ini. Risiko ini makin tinggi lagi bagi bayi yang sudah terbiasa tidur terlentang, tetapi tiba-tiba ditidurkan tengkurap.

Hindarkan kasur lembut, bantal, kasur air dan kursi ekstra lunak (semacam kantung besar berisi butiran karet busa). Gunakanlah kasur yang keras dalam tempat tidur bayi yang telah terbukti aman.

Jauhkan dari sekitar tempat tidur bayi tersebut benda-benda lain, termasuk mainan binatang dari kain dan selimut lembut. Hindari merokok selama kehamilan. Usahakan agar lingkungan bayi Anda sedapat mungkin bebas rokok.

Pertahankan suhu ruangan bayi Anda tetap sejuk. Hindari udara yang terlalu panas dan juga membungkus bayi dengan terlalu banyak selimut atau pakaian tidur yang terlalu banyak. Tidur bersama bayi belum terbukti melindunginya dari SIDS, menurut American Academy of Pediatrics dan dalam beberapa situasi dapat berbahaya bagi kesehatan bayi.
Terimakasih Telah Baca Postingan Cara Hindari Sudden infant Death Syndrom ( SIDS ) Kematian Bayi Secara Mendadak, Semoga Bisa Berguna Dan ber-manfaat, Baca Juga Postingan Terbaru Admin Yaitu Ciri Dan Gejala Penyakit Ulkus Peptikum "Maag Anak" Yang Bisa Berakhir Dengan Kematian Flakka, Asal Usul, Fakta jokowi, Sejarah ahok who www.wahwok.com Lunch victor laiskodat Wah Wok zomato.com Foto Gambar Tato Keren Artis
Loading...
Artikel Yang Di Bagikan Blog www.wahok.com Seperti Foto Wallpaper 3D Png, Jpeg, Audio MP3, Video Film MP4, Gambar Animasi Bergerak Gif, Simbol Logo, Terkadang Dilansir Dari Berbagai Sumber Media Lain, Hak Cipta Sepenuhnya Dipegang oleh Sumber tersebut. Jika ada Masalah Copyright Konten Postingan Cara Hindari Sudden infant Death Syndrom ( SIDS ) Kematian Bayi Secara Mendadak, Anda Dapat Menghubungi Kami DI HALAMAN INI
IKUTI KAMI UNTUK DAPATKAN ARTIKEL TERBARU, MAU ?


wahok.com is ranked 4.8 out of 5. Based on 10 user reviews.
Previous
« Prev Post
Copyright ©2016-2017 WAH OK
Theme by Damzaky
Powered by Kata.co.id