Pemicu Dan Mengatasi Postpartum Depression Setelah Melahirkan

Posting Oleh , Pada
Pemicu Dan Mengatasi Postpartum Depression Setelah Melahirkan
wahok-Pengertian Definisi Postpartum Depression Atau Depresi Pasca Persalinan

Seorang ibu rumah tangga, baru saja melahirkan anak pertamanya dengan selamat. Bahagia rasanya, lengkap sudah keluarganya dengan kehadiran bayi manis ini. Tetapi baru beberapa hari, dia merasakan keanehan pada dirinya. Satu saat dia bisa menangis tanpa sebab, saat lain, dia sekonyong-konyong merasa bahagia sekali. Perasaannya berubah-ubah tak menentu, kadang sedih, kadang gembira. Hal ini tak ayal membuatnya bingung.

Perasaan tak menentu ini dikenal dengan baby blues, yaitu perasaan negatif yang berlangsung selama kurang lebih dua minggu, yang dialami oleh ibu yang baru melahirkan. Perasaan tersebut sebenarnya normal dan lebih dari 70 % ibu mengalaminya.

Tetapi bila perasaan tersebut berkembang ke arah yang lebih negatif, yaitu depresi yang berkepanjangan dan tak jarang membahayakan orang lain, itu perlu diwaspadai. Gejala tersebut sudah bukan baby blues lagi, melainkan disebut postpartum depression.

Baca Juga:

Pemicu terjadinya postpartum depression ini bisa bermacam-macam, antara lain karena ada Problem rumah tangga selain itu Depresi atau kegelisahan selama masa hamil dan Semasa hamil mengalami kehilangan, misalnya dengan kematian orangtua, kerabat,  hilang pekerjaan suami yang di PHK, Teman dekat menjauh dll.
Trauma kehamilan.
Sekarang, bagaimana mengetahui apakah Anda sudah terkena postpartum depression? Simak gejalanya di bawah ini :
  • Susah tidur dan seringkali tak nyenyak.
  • Sering gelisah, tegang ataupun panik tanpa sebab.
  • Menangis tanpa alasan yang jelas.
  • Mudah marah.
  • Susah berkonsentrasi.
  • Kehilangan percaya diri.
  • Selera makan yang berubah tiba-tiba.
  • Kehilangan antusias terhadap sesuatu, yang dulunya merupakan kesenangan Anda.
  • Merasa ada jarak dengan pasangan.
  • Sering merasa tak berdaya dalam mengatasi sesuatu.
  • Terlalu mengkhawatirkan bayi atau justru malah tidak suka pada bayi.
  
Mengatasi postpartum depression bila masih dalam keadaan yang tidak membahayakan bisa dengan obat anti depresan maupun terapi. Tapi tetap diri Anda yang berperan penting dalam menyiasati keluhan yang satu ini, misalnya dengan
  1. Mencari dukungan dari keluarga, suami, kerabat, teman dan orang-orang terdekat. Ceritakan ketakutan dan kekuatiran Anda pada mereka.
  2. Bertukar pikiran dengan pasangan lain yang lebih berpengalaman dalam mengatasi hal ini.
  3. Beristirahat dan tidur yang cukup, jangan bebani diri dengan tugas-tugas atau hal-hal yang tidak penting.
  4. Makan dan minum secara teratur.
  5. Jangan tinggalkan aktifitas atau minat Anda selama ini, peliharalah hubungan Anda dengan kolega dan teman-teman Anda.
  6. Jangan lakukan perubahan drastis setelah bayi lahir, misalnya : pindah kerja, pindah rumah,
Terimakasih Telah Baca Postingan Pemicu Dan Mengatasi Postpartum Depression Setelah Melahirkan, Semoga Bisa Berguna Dan ber-manfaat, Baca Juga Postingan Terbaru Admin Yaitu 5 Tips Cara Tampil Lebih Seksi Dan Terlihat Langsing Walaupun Pinggul Besar Berlemak Flakka, VCS, Wow Top PS, VS, CS Cara Membuat Tato 3D Paling Bagus Keren Terbaru 2017 Selebritis Super Model
Loading...
Artikel Yang Di Bagikan Blog www.wahok.com Seperti Foto Wallpaper 3D Png, Jpeg, Audio MP3, Video Film MP4, Gambar Animasi Bergerak Gif, Simbol Logo, Terkadang Dilansir Dari Berbagai Sumber Media Lain, Hak Cipta Sepenuhnya Dipegang oleh Sumber tersebut. Jika ada Masalah Copyright Konten Postingan Pemicu Dan Mengatasi Postpartum Depression Setelah Melahirkan, Anda Dapat Menghubungi Kami DI HALAMAN INI
IKUTI KAMI UNTUK DAPATKAN ARTIKEL TERBARU, MAU ?


wahok.com is ranked 4.8 out of 5. Based on 10 user reviews.
Previous
« Prev Post
Copyright ©2016-2017 WAH OK
Theme by Damzaky
Powered by Kata.co.id