Cara Cepat Bakar Kalori Anda Dengan Olahraga Lari, Apakah Ampuh?

Posting Oleh , Pada
Cara Cepat Bakar Kalori Anda Dengan Olahraga Lari, Apakah Ampuh?
wahok-Manfaat Dan Khasiat Olahraga Lari Untuk Kesehatan Tubuh Agar Lebih Sehat

Aktivitas fisik yang berat bisa mengakibatkan kerusakan jaringan pada membran sel karena meningkatnya permiabilitas membran sel. Latihan fisik berintensitas tinggi mengakibatkan kerusakan jaringan yang lebih tinggi daripada latihan fisik yang berintensitas lebih rendah pada subyek yang tidak terlatih. Semakin tinggi intensitas latihan fisik, semakin tinggi tingkat kerusakan jaringan.

Persoalan ini dibahas Dr dr Ilhamjaya Patellongi M Kes dalam disertasi meraih gelar doktor dengan judul Pengaruh Intensitas Latihan Fisik terhadap Kerusakan Jaringan, di Program Pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya, Promovendus lulus dengan hasil sangat memuaskan.

Kerusakan jaringan, kata Ilham jaya, terjadi karena enzim intrasel yang semestinya tidak dapat melewati membran sel, keluar dari sel menuju ruang intravaskuler sehingga kadar enzim dalam serum meningkat. Penelitian mengungkapkan, aktivitas fisik setelah melakukan cross country race sepanjang 90 kilometer mampu meningkatkan kadar enzim glutamate oxaloacetat transsaminase (GOT) serum sebesar 182 persen.

Selain itu kadar enzim creatine phosphokinase (CPK) serum lebih 10 kali dari sebelum atlet terlatih dan sesudah melakukan aktivitas lari kontinu sejauh 120 kilometer. Bahkan kadar enzim lactic dehydrogenase (LDH) meningkat sebesar 37 persen setelah atlet melakukan permaiann padle ball selama satu jam.

Radikal bebas

Menurut dosen Universitas Hasanuddin Ujungpandang ini, kerusakan jaringan yang terjadi akibat latihan fisik terbukti dapat dijelaskan dengan teori radikal bebas. Latihan fisik menyebabkan meningkatnya metabolisme tubuh, yang sekaligus meningkatkan produksi senyawa oksigen reaktif (SOR) dan produksi asam laktat. Produksi SOR yang tinggi dan disertai produksi asam laktat tinggi justru menyebabkan SOR yang terbentuk semakin reaktif.

Apabila kapasitas dan respons antioksidan tubuh tidak mampu menetralisir SOR secepat dan sebesar SOR yang terbentuk maka keseimbangan antara produksi SOR dan antioksidan terganggu. Biasanya keadaan yang muncul adalah stres oksidatif, kata ayah dari dua anak ini.

Peroksidasi lemak pada membran sel menyebabkan permiabilitas membran sel rusak sehingga pengaturan lalu lintas zat-zat antara luar dan dalam sel terganggu yang pada akhirnya menyebabkan kematian atau kerusakan sel atau jaringan. Semakin tinggi intensitas latihan fisik, semakin tinggi dan reaktif SOR yang terbentuk. Dan semakin banyak SOR yang tidak mampu diredam oleh antioksidan tubuh tingkat kerusakan jaringan juga tinggi.

Baca Juga:
Kerusakan jaringan terjadi karena SOR tidak sempat dinetralisir sehingga merusak integritas sel, melalui sejumlah reaksi yang membentuk senyawa radikal baru dengan komponen penyusun membran sel. Dalam hal ini DNA dan protein sebagai pemegang peranan penting dalam kehidupan sel.

Ilhamjaya menambahkan, penelitiannya menunjukkan terdapat perbedaan tingkat kerusakan jaringan akibat perbedaan intensitas latihan fisik pada subyek yang tidak terlatih. Tingkat kerusakan jaringan lebih tinggi pada latihan fisik anaerobik atau anaerobic exercise dari pada latihan fisik aerobik pada subyek yang tidak terlatih.

Mungkin banyak diantara anda yang tahu atau setidaknya pernah mendengar bahwa olahraga lari paling bagus diantara olahraga lainnya. Ini terutama apabila dikaitkan dengan diet, alias program menguruskan badan.

Meski hal ini sudah umum diketahui, dan bahkan dipercaya kebenarannya, baik secara medis maupun pendapat umum, mungkin tidak banyak yang mengetahui seberapa banyak kalori tubuh yang bisa dibakar dari olahraga lari ini. Disini diberikan fasilitas sederhana yang akan menghitung kalori yang bisa dibakar sesuai dengan berat badan serta jarak tempuh lari anda. Tentu saja ini perlu dipahami sebagai sarana untuk mempermudah menghitung prediksi kasar. Karena untuk mengetahui berapa persisnya kalori yang dibakar selama lari sangat sulit, sebab ini tergantung pada kualitas lari yang dilakukan dan lingkungan sekitarnya.

Terimakasih Telah Baca Postingan Cara Cepat Bakar Kalori Anda Dengan Olahraga Lari, Apakah Ampuh?, Semoga Bisa Berguna Dan ber-manfaat, Baca Juga Postingan Terbaru Admin Yaitu Jenis Kulit Berminyak, Normal, Kering Dan Sensitif, Bagaimana Perawatan-nya ? Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Dan Tepat Cara Membuat Tato 3D Paling Bagus Keren Terbaru 2017 Selebritis Super Model
Loading...
Artikel Yang Di Bagikan Blog www.wahok.com Seperti Foto Wallpaper 3D Png, Jpeg, Audio MP3, Video Film MP4, Gambar Animasi Bergerak Gif, Simbol Logo, Terkadang Dilansir Dari Berbagai Sumber Media Lain, Hak Cipta Sepenuhnya Dipegang oleh Sumber tersebut. Jika ada Masalah Copyright Konten Postingan Cara Cepat Bakar Kalori Anda Dengan Olahraga Lari, Apakah Ampuh?, Anda Dapat Menghubungi Kami DI HALAMAN INI
IKUTI KAMI UNTUK DAPATKAN ARTIKEL TERBARU, MAU ?


wahok.com is ranked 4.8 out of 5. Based on 10 user reviews.
Previous
« Prev Post
Copyright ©2016-2017 WAH OK
Theme by Damzaky
Powered by Kata.co.id