35 Daftar Kandungan Dan Fungsi Zat Gizi Makanan Untuk Tubuh Kita + Gambar Wallpaper

Posting Oleh , Pada
35 Daftar Kandungan Dan Fungsi Zat Makanan Untuk Tubuh Kita
wahok-Gambar Wallpaper Lucu Hidangan Menu Sarapan Makanan | 35 Daftar Kandungan Dan Fungsi Zat Gizi Makanan Untuk Tubuh Kita

1.Protein - Pembangun Tubuh
Protein dalam tubuh berfungsi untuk pemeliharaan kesehatan, pertumbuhan, dan pengganti sel-sel yang rusak. Disamping itu, protein juga merupakan materi penyusun otot, darah, rambut, dan organ-organ dalam tubuh termasuk jantung dan otak. Sumber Protein: Daging yang tidak berlemak, ikan, makanan laut, ayam, itik, keju, susu, telor, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

2,Karbohidrat - Sumber Tenaga Bagi Tubuh
Karbohidrat adalah sumber tenaga bagi tubuh dan kekuatan otot, diperlukan untuk membantu pencernaan dan mengasimilasikan zat-zat makanan yang lain. Karbohidrat membentuk kalori yang kemudian menghasilkan tenaga dengan cara menghasilkan panas dalam tubuh, pada saat unsur karbon penyusun karbohidrat bergabung dengan oksigen dalam saluran darah.

Karbohidrat juga dapat membantu regulasi protein dan metabolisme lemak, juga penguraian lemak dalam hati. Contoh makanan Karbohidrat: Beras, jagung, roti, umbi-umbian, sagu, gula, dan madu.

3.Lemak - Sumber Energi Tertinggi Bagi Tubuh
Lemak mempunyai fungsi antara lain; sebagai sumber energi, sebagai penyusun sel dan melindungi organ-organ tubuh yang halus, serta sebagai pelarut vitamin A, D, E, dan K agar dapat diserap oleh dinding usus halus. Sumber Lemak: Daging, keju, susu, telor, minyak ikan, kelapa, minyak sayur, dan kacang-kacangan.

4.Air
Air adalah zat cair yang sangat penting bagi keseluruhan proses kimia dalam tubuh, air mengatur panas dan suhu tubuh, kira-kira 90% dari darah adalah air, oleh karena itu air merupakan sumber makanan yang penting. Selain itu, air mengandung mineral dan trace mineral yang sangat diperlukan manusia.

5.Selulosa
Serat sangat penting untuk fungsi saluran usus secara normal dan penting untuk pengaturan suhu tubuh dan pengeluaran feces. Mengkonsumsi makanan yang kurang berserat akan menimbulkan keluhan-keluhan seperti sembelit, varices, dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan lambung.

35 Daftar Kandungan Dan Fungsi Zat Makanan Untuk Tubuh Kita
Klik Gambar Wallpaper Berikut Dengan Ukuran 1600x1080
6.Mineral
Mineral merupakan zat pelengkap katalisator, yang berfungsi untuk membantu keseimbangan air yang diperlukan untuk proses-proses mental dan fisik. Ia dibutuhkan untuk menghasilkan hormon. Mineral terdapat dalam tulang rusuk, otak, sel darah, dan syaraf.

7.Calcium (Ca)
Menguatkan tulang dan gigi, membantu menenangkan syaraf, mencegah insomnia (penyakit tidak bisa tidur), menormalkan pembekuan darah, dan penting untuk mengatur denyut jantung.
Sumber: Susu, yoghurt, keju, biji-bijian, sayuran berwarna hijau, serta sunsum tulang yang mengandung vitamin D.

8.Cromium (Cr)
Membantu penggunaan karbohidrat, metabolisme glukosa (penghasil tenaga) serta sintesa asam lemak dan kolesterol.
Sumber: Lemak tak jenuh (seperti minyak jagung), daging, kerang, ragi brewer, hati, dan biji-bijian.

9.Copper (Cu)
Membantu dalam pembentukan hemoglobin sel darah merah. Bermanfaat untuk pembentukan tulang dan menghasilkan RNA. Sumber: Hati, almond, biji-bijian, buah-buahan, sayuran berwarna hijau, dan makanan laut.
http://www.wahok.com/2017/08/cara-menggunakan-sunscreen-yang-baik.html
Wallpaper Terbaru Ukuran 1600x1080

10.Iron (Fe)
Bermanfaat untuk menghasilkan hemoglobin, menjaga kualitas darah, dan meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress.
Sumber: Hati, daging tidak berlemak, telor, roti, biji-bijian, buah-buahan, dan ragi brewer.

11.Manganese (Mn)
Diperlukan untuk menghasilkan protein, karbohidrat dan lemak. Penting untuk perkembangan tulang secara normal. Membantu pengeluaran hormon sex serta menyalurkan zat-zat makanan ke syaraf dan otak.
Sumber: Kuning telor, biji bunga matahari, biji gandum, tepung, biji-bijian, ragi brewer, sumsum tulang.

12.Phosphate
Untuk penggunaan karbohidrat, lemak dan protein bagi pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan sel-sel, serta sebagai penghasil tenaga. Diperlukan untuk pertumbuhan tulang, perkembangan gigi, fungsi ginjal, dan mengirimkan impuls syaraf.
Sumber: Daging, ikan, ayam, itik, biji-bijian, dan kacang mentah.

13.Kalium (K)
Bermanfaat untuk otot, syaraf, dan jantung. Membantu mengontrol keseimbangan mineral dalam darah. Menjaga kesehatan, bertindak bersama sodium untuk mengontrol keseimbangan air dalam tubuh.
Sumber: Sayur-sayuran, jeruk, biji-bijian, biji bunga matahari, kentang, dan pisang.

14.Zinc (Zn)
Diperlukan untuk pembentukan dan pemulihan sel-sel baru. Membantu enzim pencernaan dan metabolisme. Bermanfaat untuk pertumbuhan, perbaikan organ, dan fungsi kelenjar hipofisis secara normal.
Sumber: Ragi brewer, sumsum tulang, kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, ikan, dan daging (khususnya hati)

15.Boron (Br)
Zat penting yang bekerja sama dengan kalsium untuk membantu mencegah Osteoporosis.
Sumber: Biji-bijian, ikan laut, sayuran berwarna hijau.

16.PABA
Bagian dari vitamin B kompleks yang membantu dalam penggunaan protein, lemak dan karbohidrat. Penting untuk pembentukan sel darah (terutama darah merah). Penting untuk perawatan rambut.
Sumber: Hati, ragi, biji gandum, dan molase.

17.P (Biovlavonoid, Rutin, dan Hisperidin)
Bagian dari vitamin C yang menghambat kerusakan ada vitamin C dan diyakini bekerja bersama-sama vitamin C.
Sumber: Buah-buahan, seperti; jeruk, anggur, plum, dan cherry.

18.Omega 3 (Asam Lemak Esensial)
Bersinergi dengan Omega 6 dan Omega 9 menurunkan kadar lemak dalam darah. Mengaktifkan prostaglandin, zat yang sangat aktif dalam mengendalikan proses peradangan, sisitem kekebalan tubuh, sirkuit syaraf dalam otak, dan sistem pembuluh darah.
Sumber: Minyak ikan laut, tumbuhan flaxeed, biji bunga matahari.

19.Vitamin
Vitamin merupakan senyawa organic yang membantu proses metabolisme zat-zat makanan secara normal. Vitamin berperan sebagai co-enzim dan katalisator yang penting untuk mempercepat reaksi pencernaan, sehingga memperlancar zat makanan dan mengubahnya menjadi penghasil tenaga, pembentukan dan pemeliharaan sel dan jaringan. Vitamin merupakan zat yang sangat penting bagi sistem tubuh. Vitamin adalah substansi organic yang mengandung karbon yang berasal baik dari tumbuhan maupun hewan. Vitamin harus diperoleh dari makanan, karena tidak semua vitamin bisa didapat dari dalam tubuh.

20.Vitamin A (Retinal)
Penting untuk pembentukan sel-sel baru, mencegah berjangkitnya penyakit, sangat berguna untuk kesehatan kulit, darah, tulang, gigi, ginjal, kandung kemih, paru-paru, dan membantu agar tetap awet muda serta panjang usia.
Sumber: Minyak ikan, hati, susu, lobak, kacang, labu, tomat, semua jenis buah-buahan hijau dan kuning, serta sayur-sayuran.

21.Vitamin B-1 (Thiamine)
Diperlukan untuk memetabolisme gula dan tepung, untuk menghasilkan tenaga, menjaga kesehatan sisitem syaraf dan mental, stress memerlukan penambahan vitamin B-1 dan semua jenis vitamin B.
Sumber: Ragi brewer, biji gandum, gula cair, dedak, nasi, daging, dan kacng kedelai.

22.Vitamin B-2 (Riboflavin)
Penting untuk kesehatan otot. Berfungsi dalam memetabolisme protein, lemak, dan karbohidrat. Diperlukan untuk kesehatan mata, kulit, kuku, dan rambut.
Sumber: Ragi brewer, daging, jerohan seperti hati, dan limpa.

23.Vitamin B-3 (Niacin)
Meningkatkan aktifitas sistem syaraf. Diperlukan untuk kesehatan kulit dan sistem pencernaan makanan.
Sumber: Daging tidak berlemak, unggas, ikan, kacang tanah, ragi brewer, biji gandum, dan hati.

24.Vitamin B-5 (Pantothenic Acid)
Membantu membentuk hormon, anti bodi, mencegah stress, berperan penting dalam menghasilkan tenaga dan metabolisme. Diperlukan untuk kesehatan saluran pencernaan, kulit syaraf, dan kelenjar.
Sumber: Daging, jerohan, ragi brewer, kuning telor, padi-padian.

25.Vitamib B-6 (Pyridoxine)
Penting untuk memanfaatkan protein dan lemak. Diperlukan untuk menghasilkan sel darah merah dan anti bodi untuk melawan berbagai penyakit, membantu fungsi sistem syaraf.
Sumber: Daging, ragi brewer, pisang, sayur-sayuran hijau, ikan, dan biji gandum.

26.Vitamin B-12 (Cyanocobalamin)
Faktor pemeliharaan darah yang kuat. Penting untuk pembentukan sel-sel baru. Penting untuk memelihara kesehatan sistem sayaraf termasuk sel-sel otak.
Sumber: Hati, ginjal, daging, otot, ikan, susu.

27.Vitamin B-kompleks
Merupakan gabungan keseluruh vitamin B. Penting untuk berfungsinya sistem syaraf secara normal. Merupakan penghasil energi, memeperlancar kerja sistem syaraf.
Sumber: Ragi brewer, hati, dan biji-bijian.

28.Biotin
Menjalankan berbagai fungsi dalam memetabolisme lemak dan pembentukan tenaga. Memebantu sintesa asam amino dan asam lemak serta membentuk RNA dan DNA.
Sumber: Ragi brewer, hati, ginjal, beras (belum digiling), tepung kedelai, kacang kedelai, dan kuning telor.

29.Choline
Membantu sistem penghantar syaraf dan penggunaan lemak. Membantu mengontrol endapan lemak dalam hati serta perubahan degeneratif dari ginjal dan kandung kemih.
Sumber: Lecithi, kuning telor, ragi brewer, dan biji gandum.

30.Folic Acid
Vitamin B ini membantu mensintesa nucleo protein seperti RNA dan DNA. Penting untuk pembentukan, pertumbuhan, dan perkembang biakan sel-sel darah merah.
Sumber: Ragi brewer, hati, dan sayuran berwarna hijau.

31.Inositol
Diperlukan dalam metabolisme lemak, membantu penyerapan zat-zat makanan bagi otak. Bermanfaat untuk pertumbuhan rambut.
Sumber: Biji-bijian yang belum diproses, jeruk, ragi brewer, dan hati.

32.Vitamin C
Penting untuk pembentukan kolagen. Melawan racun dari rokok dan polusi. Membantu penyembuhan penyakit, menghasilkan sel darah merah, melindungi hemoglobin untuk melawan infeksi oleh bakteri dan mengontrol kolesterol. Keperluannya meningkat dengan bertambahnya tekanan/stress.
Sumber: Buah-buahan (terutama jeruk), Sayuran, dan cabe hijau.

33.Vitamin D (kalsiferol)
Bermanfaat untuk penggunaan kalsium dan fosfor. Menguatkan gigi dan tulang, mencegah rachitis, serta memberi tenaga dan memelihara kesehatan. Mencegah melemahnya otot. Mengontrol kerja jantung (melalui penyerapan kalsium)
Sumber: Kuning telur, ikan, dan minyak ikan.

34.Vitamin E (Tocoferol)
Anti oksidan yang mengontrol reaksi oksigen yang terlalu cepat dalam tubuh dan melindungi organ-organ dalam tubuh dari kerusakan. Bermanfaat dalam penggunaan oksigen oleh otot. Memperpanjang usia sel darah merah. Melindungi paru-paru dan mencegah pembekuan darah serta membantu melancarkan peredaran darah.
Sumber: Minyak sayuran, biji gandum, minyak kedelai, telor, sayur-sayuran hijau, hati sapi, daging, susu, kacang (mentah), cairan gula, kacang tanah (kucing kuning, ercis), molase.

35.Vitamin K
Penting untuk pembentukan protrombin yang diperlukan dalam pembekuan darah. Diperlukan untuk daya kerja hati secara normal, menjaga vitalitas dan memperpanjang usia.
Sumber: Lumut laut, sayuran berwarna hijau, susu, labu, kuning telor, alfalfa, yoghurt, molase, dan minyak tak jenuh ganda.

Terimakasih Telah Baca Postingan 35 Daftar Kandungan Dan Fungsi Zat Makanan Untuk Tubuh Kita, Silahkan Lihat Pengertian Dan Definisinya, Semoga Bisa Berguna Dan ber-manfaat, Baca Juga Postingan Terbaru Admin Yaitu Cara Menggunakan Sunscreen Yang Baik Dan Benar, Bagi Yang Suka Berjemur Dibawah Matahari Wajib Tahu Flakka, VCS, Wow Top PS, VS, CS Cara Membuat Tato 3D Paling Bagus Keren Terbaru 2017 Selebritis Super Model
Loading...
Artikel Yang Di Bagikan Blog www.wahok.com Seperti Foto Wallpaper 3D Png, Jpeg, Audio MP3, Video Film MP4, Gambar Animasi Bergerak Gif, Simbol Logo, Terkadang Dilansir Dari Berbagai Sumber Media Lain, Hak Cipta Sepenuhnya Dipegang oleh Sumber tersebut. Jika ada Masalah Copyright Konten Postingan 35 Daftar Kandungan Dan Fungsi Zat Gizi Makanan Untuk Tubuh Kita + Gambar Wallpaper, Anda Dapat Menghubungi Kami DI HALAMAN INI
IKUTI KAMI UNTUK DAPATKAN ARTIKEL TERBARU, MAU ?


wahok.com is ranked 4.8 out of 5. Based on 10 user reviews.
Previous
« Prev Post
Copyright ©2016-2017 WAH OK
Theme by Damzaky
Powered by Kata.co.id