7 Cara Memilih Permainan Untuk Anak Yang Baik Dan Benar

Posting Oleh , Pada
Cara Memilih Permainan Untuk Anak Yang Baik Dan Benar
wahok.com-7 Cara Memilih Permainan Untuk Anak Yang Baik Dan Benar agar cerdas

Apapun jenis permainannya, selain anak terlihat asyik, dia akan menikmatinya dengan suka cita. Permainan akan menjadikannya benar-benar ekspresif dan membuat senang. Bisa Anda amati dari senda gurau dan canda tawanya.

Anak yang asyik bermain juga bisa diamati dari tingkah lakunya. Ungkapan kegembiraan akan tertuang lewat kecepatannya menanggapi segala sesuatu yang terjadi di sekitarnya.

Bermain merupakan kegiatan paling menyenangkan pada anak-anak. Bermain akan membentuk anak menjadi kreatif, cerdas, imajinatif, dan agresif. Bagaimana Anda bisa tahu apakah anak Anda benar-benar bermain atau tidak?

Berikut tanda-tanda anak yang sedang asyik bermain:

- Anak melakukan dengan penuh antusias, tanpa tekanan atau paksaan, asyik bermain sesuai dengan fantasinya. Raut wajah terlihat serius dan penuh konsentrasi.

- Tanpa perlu didesak atau dipaksa dengan iming-iming sesuatu, anak akan melakukan kegiatan bermain secara sukarela. Dia akan langsung mengambil barang-barang mainannya dan asyik bermain.

- Seperti bermain meniru aktivitas orang dewasa, anak yang benar-benar menikmati permainannya akan lebih mementingkan kegiatannya daripada tujuan. Artinya, dia lebih mementingkan kesenangan daripada pengetahuan atau ilmu yang bisa didapat dari permainan itu.

- Permainan yang mengasyikkan selain membuat senang juga menuntut partisipasi anak lebih aktif baik secara fisik maupun mental. Anak akan bertingkah laku lebih agresif dan betul-betul menghayati.

- Selain bebas berimajinasi dan berekspresi, bermain juga membuat anak berfantasi sesuai dengan keinginannya. Dia akan mengembangkan keinginan dan harapan-harapannya sehingga dalam bermain, anak akan selalu bergembira. Anak akan menjadi penentu bagi kesenangannya sendiri.

Berikut ini 7 Tips Memilih Mainan Buat Si Kecil

1.Permainan Tidak Membuat Rumit
Pilih mainan yang fleksibel, sesuai dengan kemampuannya memainkan barang itu, seperti robot-robotan yang tidak terlalu detail asesorisnya atau puzzle yang tidak terlalu sulit. Bila mainan terlalu rumit akan membuat anak cepat bosan. Beri mainan yang bisa membangkitkan kreatifitasnya.

2.Jenis Permainan Aman
Jangan memberi mainan yang berbahaya. Hindari mainan berbentuk runcing, tajam, dan mengandung bahan kimia. Bila tidak hati-hati, jenis mainan ini bisa membuat anak terluka.

3.Permaianan Tersebut Mendidik
Hindari memilih mainan yang terlalu sederhana karena jenis mainan ini akan cepat membuat jenuh dan bosan. Pilihkan mainan yang mampu memancing anak berpikir dan berimajinasi, seperti balok-balok bergambar untuk balita atau alat masak-masakan dengan beragam bentuk dan fungsinya.

4.Maianan Kuat dan Tahan Lama
Mainan yang baik tentu tidak rapuh dan mudah rusak. Mainan yang kuat dan tahan lama juga lebih ekonomis, karena Anda tidak terlalu sering menggantinya dengan yang baru. Agar mainan tidak cepat rusak, ajari anak cara menggunakannya, latih untuk merawat dan menjaganya dengan baik.

5. Mainan Tersebut Bervariasi
Berikan mainan yang memancing kreativitas anak, seperti yang memiliki bentuk dan warna bervariasi. Bila perlu, berikan mainan yang menyerupai barang asliny, seperti permainan tukang-tukangan, atau alat-alat montir.

6.Berbeda dari usianya
Maksudnya, bila perlu coba berikan mainan yang justru tidak sesuai dengan usianya. Bila balita Anda hanya dianjurkan bermain balok-balok, coba sesekali beri mainan yang hanya boleh diberikan anak yang usia diatasnya, seperti lego dalam ukuran yang besar-besar.

7.Dipilih sesuai keinginan
Terkadang orang tua memaksakan anak untuk bermain sesuai dengan mainan keinginannya. Diskusikan pada anak, apa yang dia inginkan. Sesudahnya, Andalah yang membelikan sesuai dengan keinginannya. Dengan begitu anak akan lebih senang.

Demikianlah Cara Memilih Permaian Untuk Anak Yang Baik Dan Benar, semoga ulasan singkat bisa berguna dan ber-manfaat, baca juga postingan kiat dan tips lainya seperti Dampak Obesitas Anak & Pengaruh Televisi, Sebagai Orang Tua Permainan yang Mencerdaskan merangsang kecerdasan anak usia 1 tahun stimulasi kecerdasan anak 1-2 tahun melatih kecerdasan anak usia 1 tahun Foto Gallery
Loading...
Artikel Yang Di Bagikan Blog www.wahok.com Seperti Foto Wallpaper 3D Png, Jpeg, Audio MP3, Video Film MP4, Gambar Animasi Bergerak Gif, Simbol Logo, Terkadang Dilansir Dari Berbagai Sumber Media Lain, Hak Cipta Sepenuhnya Dipegang oleh Sumber tersebut. Jika ada Masalah Copyright Konten Postingan 7 Cara Memilih Permainan Untuk Anak Yang Baik Dan Benar, Anda Dapat Menghubungi Kami DI HALAMAN INI
IKUTI KAMI UNTUK DAPATKAN ARTIKEL TERBARU, MAU ?


wahok.com is ranked 4.8 out of 5. Based on 10 user reviews.
Previous
« Prev Post
Copyright ©2016-2017 WAH OK
Theme by Damzaky
Powered by Kata.co.id