5 Tips Memilih Tempat Sekolah Buat Anak Dan Lingkunganya, Wajib Orang Tua Tahu

Posting Oleh , Pada
5 Hal Tentang Memilih Tempat Sekolah Buat Anak Dan Lingkunganyawahok.com-5 Tips Memilih Tempat Sekolah Buat Anak Dan Lingkunganya, Wajib Orang Tua Tahu

Masuk sekolah, menyadarkan orangtua kalau anaknya bukan bayi lagi. Di sekolah anak melangkah ke dunia baru, aturan baru dan mulai melepas simpul kebayi-bayiannya.

Mereka tiba-tiba ingin bebas dan punya kemampuan melakukan segala hal, serta bertingkah laku dewasa. Di sekolah si kecil belajar mengontrol diri, mandiri, bahasa, persahabatan dan pengetahuan lalu Seperti apa sih sekolah yang baik dan tepat untuk anak?

1.Kontrol Diri
"Sekolah membantu proses anak mengontrol dirinya. Proses belajar mengontrol diri butuh waktu panjang," kata Claire B. Kopp, PhD, penulis Baby Steps: the "Whys" of Your Child's Behavior in the First Two Years (W.H. Freeman).

Di sekolah, anak belajar menerima rutinitas yang membosankan. Ia harus duduk bersama teman-temannya dan mendengarkan guru menerangkan. Tak boleh bicara selama guru berbicara. Ia harus menerima jadwal makan kue dan lainnya.

Di kelas, anak belajar untuk tidak bertingkah seenaknya seperti di rumah. "Di kelas tak seorang anak pun ingin melakukan tingkah laku di luar kontrol, seperti ngamuk, menangis, marah-marah," kata Elizabeth Matlin, guru TK di Lucy Stone School di Dorchester, Massachusetts.

Mereka tidak bisa seenaknya melakukan aksi pada tiap impuls. Mereka mengenal rasa malu jika bertingkah emosi di dalam kelas.

2.Mandiri
Minggu pertama masuk sekolah, anak sering kali nervous menerima kemandirian, kontrol diri dan aturan-aturan baru yang harus dilakukannya di sekolah. Akibatnya di malam hari ia jadi sulit tidur. Dampaknya bisa membuat si anak tak mau ke sekolah.

Pada saat seperti ini orangtua dituntut bijak. Kita harus menyelami perasaanya yang sedang kesal itu. Rayu dia dengan hal-hal menyenangkan. Orangtua pantang melontarkan kemarahan dan ancaman karena akan membuatnya membenci sekolah dan menganggap sekolah adalah penjara.

3.Bahasa
Sekolah tempat yang tepat dan efektif untuk belajar berbahasa dengan baik. Bahasa bisa membantu kita mengontrol emosi. Berbicara dapat meningkatkan kemampuan verbal anak.

Bahasa membuat ia mampu mengerti arti dari kata-kata yang diluncurkan dari mulut gurunya. Dengan bahasa, anak terdorong mengontrol emosi mereka. Jika anak ternyata tak mampu menangkap kata-kata dan tak mampu mengontrol emosi, Anda harus waspada. Ajak segera ke psikolog untuk mencari tahu kondisi anak Anda sedini mungkin.

4.Persahabatan
Perubahan paling nyata yang diperoleh anak adalah mendapatkan banyak teman baru. Anak dituntut bergaul dan berinteraksi. Keadaan ini membuat anak suka berimaginasi tentang teman-temannya. Tiba-tiba saja di rumah ia bilang si Tia temannya di TK seperti Popeye.

"Setelah beberapa lama sekolah anak mulai mendapatkan idola di kelasnya," kata Snyder. Pada tahap ini anak mulai mencari identifikasi. Ia bisa membedakan teman yang baik dan yang nakal. Mereka juga berusaha dirinya berbeda dengan lain.

Bagi anak usia 5 dan 6 tahun mereka punya kendala untuk bersahabat karena mereka belum punya rasa memberi dan menerima. Jadi, mereka belum mampu mengontrol impuls kemarahannya ketika temannya tak mau diajak bermain.

"Makna memberi dan menerima amat menyedihkan untuk anak lima atau enam tahun," kata Dahl. Dahl sendiri pernah tersenyum geli melihat anak bercerita kalau ia sedang kesal dan membenci temannya karena tak mau diajak main.

5.Ketrampilan / Pengetahuan
Di sekolah anak memperoleh banyak pengetahuan dan ketrampilan. Ia belajar menggunting, menempel, bertaman , memperhatikan burung, ayam dan lain-lain. Juga belajar mengingat bangkunya di kelas. Dengan begitu dia terbiasa memanage dirinya sendiri.

Demikianlah ulasan singkat artikel 5 Hal Tentang Memilih Tempat Sekolah Buat Anak Dan Lingkunganya, silahkan baca juga postingan dari admin sebelumnya yaitu 10 Hal Hubungan Anak Dan Orang Tua ( Ortu ) Wajib Anda Tahu Dimana Posisi Anda tips memilih sekolah dasar islam yang baik mulai dari tk sd smp sma sampai kuliah sma dan perguruan tinggi sd negeri atau swasta
Artikel Yang Di Bagikan Blog www.wahok.com Seperti Foto Wallpaper 3D Png, Jpeg, Audio MP3, Video Film MP4, Gambar Animasi Bergerak Gif, Simbol Logo, Terkadang Dilansir Dari Berbagai Sumber Media Lain, Hak Cipta Sepenuhnya Dipegang oleh Sumber tersebut. Jika ada Masalah Copyright Konten Postingan 5 Tips Memilih Tempat Sekolah Buat Anak Dan Lingkunganya, Wajib Orang Tua Tahu, Anda Dapat Menghubungi Kami DI HALAMAN INI
IKUTI KAMI UNTUK DAPATKAN ARTIKEL TERBARU, MAU ?


wahok.com is ranked 4.8 out of 5. Based on 10 user reviews.
Previous
« Prev Post
Copyright ©2016-2017 WAH OK
Theme by Damzaky
Powered by blogger