4 Cara ini Bisa Membuat Rapat Anda Menjadi Menyenangkan Dan Sukses

4 Cara ini Bisa Membuat Rapat Anda Menjadi Menyenangkan Dan Sukses
wahok.com-4 Cara ini Bisa Membuat Rapat Anda Menjadi Menyenangkan Dan Sukses

Bagaimana para pelaku bisnis menghabiskan sekitar 17 jam setiap minggu-nya? Pasti Anda sudah menduga, untuk rapat. Rapat penjualan, rapat proyek, rapat staff, rapat kualitas dan lain-lain.

Lingkungan kerja modern sekarang ini memerlukan orang-orang, tim dan kadangkala organisasi yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Permasalahan dan kesempatan yang rumit membutuhkan masukan dari berbagai sumber dan latar belakang agar bisa mendapatkan pemecahan yang efektif.

Jika orang bekerja sama, hal yang tidak bisa dihindari akan terjadi adalah terdengar gerutuan. "Rapat tersebut sangat buruk, hanya membuang-buang waktu saja". Kenapa sebenarnya orang-orang tidak suka akan rapat? Sebenarnya rapat itu sendiri apa? Apakah penting? Jika memang penting, bagaimana kita bisa meningkatkan keefektifannya?

Untuk membuat rapat Anda menjadi lebih produktif dan efektif, gabungkan 4 fase ini ke dalam rencana tiap-tiap pertemuan:

1.Buatlah fokus yang jelas dan diorientasikan dengan tindakan, apa yang ingin diraih dalam rapat tersebut?
 
2.Pastikan tersedianya sumber-sumber yang diperlukan, termasuk informasi lebih lanjut, orang-orang yang tepat dan fasilitas yang menunjang.
  
3.Tetaplah fokus selama rapat dengan mengikuti jadwal Anda dan catat semua keputusan secara akurat yang ditindaklanjuti dengan tindakan.
  
4.Mengevaaluasi proses, biarkan group mendiskusikan dan mengenali baik-buruknya aspek sebelum para peserta rapat meninggalkan ruang rapat.

Rapat itu penting, tapi sayangnya sering kali hanya menghabiskan waktu. Sebuah survey baru-baru ini terhadap kalangan para pelaku bisnis Amerika menunjukkan statistik ini. Orang rata-rata menghabiskan waktu 17 jam seminggu untuk rapat. Ini bukanlah jumlah yang besar, tapi para responden berkata bahwa 5 dari 17 jam ini hanyalah membuang waktu saja. Ini berarti rata-rata satu jam dalam sehari terbuang percuma! Rapat yang bertele-tele adalah penyebab terbuangnya waktu sia-sia, maka pastikan agar rapat Anda tetap terfokus pada agenda.

Persoalan yang seringkali menyebabkan rapat menjadi bertele-tele adalah mulainya terlambat, terlalu lama, kurangnya fokus dalam rapat, sering keluar dari permasalahan, mengundang orang yang tidak tepat untuk ikut rapat dan kurangnya kata penutup atau keputusan yang jelas.

Jadi, selesaikan masalah ini dan rapat Anda akan berlangsung lebih baik dengan waktu yang lebih sedikit.

Demikianlah cara-cara memimpin pekerjaan agar lebih menyenangkan, baca juga postingan lainya yaitu 5 Tips ini Membuat Rapat Kerja sukses dan efektip10 langkah dan Cara Efektif Agar Rapat Sukses dan Tepat Sasaran