Wah !! Tempat Wisata Mandiangin, Tahura Nusantara Yang Ok Banget Untuk Pecinta Alam

Wah !! Tempat Wisata Mandiangin, Tahura Nusantara Yang Ok Banget Untuk Pecinta Alam
wahok.com-Wah !! Tempat Wisata Mandiangin, Tahura Nusantara Yang Ok Banget Untuk Pecinta Alam

Taman Hutan Raya Sultan Adam boleh dibilang merupakan salah satu obyek wisata Kalsel yang paling mendekati pada kesempurnaan obyek wisata. Khususnya wisata murah meriah. Bukan hanya mudah dicapai tetapi apa yang diperlukan wisatawan seperti air dan tempat buang air disediakan di sana.

Menyimpan banyak keindahan dan kemudahan untuk dicapai, itulah obyek wisata Taman Hutan Raya (tahura) Sultan Adam yang terletak di desa Mandiangin, kabupaten Banjar. Ditempuh hanya sekitar satu jam dengan mobil dari kota Banjarmasin, ibukota propinsi Kalsel, kita sudah bisa menikmati sepuas-puasnya udara segar.

Begitu memasuki pintu gerbang di desa Mandiangin, wisatawan segera disambut dengan suasana teduh dari rumah-rumah penduduk yang dipenuhi dengan rindangnya dedaunan pohon atau warna warninya bunga-bunga kecil. Semakin mendekati lokasi Tahura Sultan Adam, keajaiban alam lainnya segera mengikuti perjalanan kita. Pintu, kaca dan atap mobil yang kita tumpangi tidak akan lepas dari berlaian daun-daun belukar yang tumbuh di kiri kanan jalan membentuk muara terowongan.

Tetapi, berwisata ke Tahura Sultan Adam yang dikenal banyak wisatawan khususnya lokal adalah mengunjungi lokasi lembah yang berada di antara pertemuan gunung Bukit Besar di sebelah barat, gunung Fanaton di sebelah utara dan gunung Mandiangin di sebelah selatan.

Di lembah itu memang sudah banyak ‘campur’ tangan manusia dengan dibangunnya sejumlah alat permainan anak seperti ayunan lengkap dengan shelter tempat untuk istirahat yang atapnya berbentuk cendawan. Bila wisatawan ingin pipis atau buang air besar sarana ini memang disediakan di sana, walaupun sangat sederhana. Inilah fasilitas kenyamanan yang acap kali tidak kita temukan di banyak obyek wisata alam Kalsel.

Menjadi Tempat Wisata bahari
Tidak keliru bila banyak keluarga memilih Tahura Sultan Adam atau yang dulu lebih dikenal dengan sebutan Mandiangin, sebagai tempat rileks di luar hari libur resmi. Hari-hari demikian, kira bisa merasa benar-benar memiliki keajaiban hutan raya ini.

Tahura Sultan Adam juga menyimpan tempat untuk ini selain water fall-nya yang terkenal itu. Ada semacam danau kecil yang terletak di antara semak dan pepohonan di sebelah selatan. Tempat ini bisa kita gunakan untuk mandi atau berenang pasif. Mengapa hanya bisa berenang pasif, sebab airnya di sana tergolong dangkal, bagian paling dalam hanya sekitar pinggang orang dewasa.

Tetapi, ‘danau’ ini memiliki banyak keistimewaan yang tidak dimiliki kolam renang alam di mana pun di Indonesia. Selain airnya selalu berganti setiap detik, ‘kolam renang’ di kaki gunung Mandiangin ini nyaris tidak tertembus sinar matahari karena berlangit dedaunan.

Bagi yang mempunyai keluhan sering sakit-sakit tulang atau semacam pusing-pusing bisa menikmati khasiat air di kolam ini. Biarkan gulungan-gulungan air yang turun dari sumber mata air di bukit-bukit sana menerpa bagian tubuh yang terasa sakit, maka dia akan terasa bagai pijatan alam dengan percikan riaknya sebagai musik.

Kalau ada kekurangan dari Tahura Sultan Adam itu adalah terletak pada ketidakkonsistenannya pemeliharaan dan pengembangan hutan raya ini. Sebagai kawasan hutan raya, Tahura Sultan Adam memang menyimpan ratusan jenis pohon yang terhampar di antara tiga gunung tersebut.

Namun, di antara gunung Bukit Besar dan gunung Fanaton, kita akan menyaksikan hamparan sabana yang terkesan sangat kontras di antara rindangnya hutan di sebelah selatan atau di gunung Mandiangin.

Kini, khabar terakhir yang terdengar adalah penanganan Tahura Sultan Adam dipegang oleh Kanwil Kehutanan, Fakultas Kehutanan Unlam dan Pemda itu akan berubah. Konon, pihak Kanwil Kehutanan akan menyerahkan tanggungjawabnya kepada Pemda Kalsel.

Apakah ini dilatarbelakangi ‘gagalnya’ Kanwil Kehutanan dalam menghijaukan kawasan antara gunung Bukit Besar dan gunung Fanaton yang kini menjadi kawasan sabana itu, memang tidak jelas.

Tetapi, pertanyaan kita adalah akankah setelah diserahkan ke Pemda Kalsel, Tahura Sultan Adam akan lebih menjadi

Demikianlah admin poting tentang tempat wisata di nusantara, baca juga postingan sebelumnya Gambar meme "OM TELOLET OM" Paling Lucu Dan Aneh, Asli Keren BangetTempat Wisata Mandiangin serta Koleksi gambar Foto
Artikel Yang Di Bagikan Blog www.wahok.com Seperti Foto Wallpaper 3D Png, Jpeg, Audio MP3, Video Film MP4, Gambar Animasi Bergerak Gif, Simbol Logo, Terkadang Dilansir Dari Berbagai Sumber Media Lain, Hak Cipta Sepenuhnya Dipegang oleh Sumber tersebut. Jika ada Masalah Copyright Konten Postingan Wah !! Tempat Wisata Mandiangin, Tahura Nusantara Yang Ok Banget Untuk Pecinta Alam, Anda Dapat Menghubungi Kami DI HALAMAN INI
IKUTI KAMI UNTUK DAPATKAN ARTIKEL TERBARU, MAU ?


wahok.com is ranked 4.8 out of 5. Based on 10 user reviews.
Previous
« Prev Post
Copyright ©2016-2017 WAH OK
Theme by Damzaky
Powered by blogger