Wah ! Kencan Pertama Bisa Pengaruhi Tingkat Depresi, Apa Saja Ciri Dan Gejala Depresi Berat?

Posted on
Wah ! Cewek Pada Saat Kencan Pertama Suka Depresi, Kok Bisa Ya

wahok.com-Wah ! Kencan Pertama Bisa Pengaruhi Tingkat Depresi, Apa Saja Ciri Dan Gejala Depresi Berat?

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa aktivitas percintaan di masa remaja berpengaruh kepada tingkat depresi yang dialami seseorang di masa dewasa.

Berdasarkan penelitian terhadap sejumlah remaja putri, risiko mengalami depresi berhubungan dengan bentuk hubungan atau kegiatan percintaan pertama, demikian laporan para peneliti dari Universitas North Carolina pada pertemua dua tahunan Society for Research on Adolescence di New Orleans.

Hasil ini didasarkan pada survei terhadap 54 remaja putri yang difokuskan pada tingkat depresi saat ini, usia mereka saat mulai mengadakan hubungan romantis, dan jumlah keintiman dan persahabatan yang mereka rasakan dari hubungan tersebut.

Para peneliti menemukan bahwa remaja putri yang merasakan mereka kurang memiliki hubungan yang ideal berdasarkan ukuran keintiman dan persahabatan, cenderung mengalami depresi yang lebih hebat dibandingkan dengan lainnya.

Para peneliti mulai mempelajari hubungan kedua hal ini dengan dipimpin oleh Suzanne Levy. Kajian ini menunjukkan bahwa bentuk hubungan juga akan memberikan dampak besar dari pada usia saat seorang remaja mulai melakukan kencan.

“Mungkin yang lebih berpengaruh adalah pengalaman pada hubungan pertama, dan bukan usia,” ujarnya.

Aspek lain sekaitan dengan pengalaman kencan ini yang harus dikaji, ujar Levy, adalah seberapa banyak waktu yang dihabiskan satu pasangan sendirian dibandingkan dengan kelompok, apakah itu berupa mereka pergi bersama-sama ke satu tempat atau hanya saling berpandangan di sekolah, dan seberapa besar orangtua mengetahui hubungan tersebut.

Yang menarik, demikian temuan Levy, berbeda dengan apa yang ia perkirakan, dukungan orangtua terhadap hubungan yang pertamakali tidak membantu para remaja ini mengatasi depresi di kemudian hari. Ini bukanlah berarti bahwa tidak ada yang bisa dilakukan oleh orangtua.

Penelitian menemukan bahwa baik remaja pria dan wanita dengan pola pikir yang relatif lebih romantis cenderung mengalami depreai. Tapi ditemukan bahwa remaja putri memiliki pola pikir yang lebih romantis. Dengan kata lain, keterlibatan dalam pemikiran romantis berkaitan dengan gejala depresi dan tingkah laku masa remaja.

Bagaimanapun penelitian ini memperingatkan bahwa temuan mereka ini hanya menunjukkan hubungan antara faktor-faktor tersebut dan tidak menunjukkan penyebab terhadap faktor lain. Sebagai contoh, disebutkan bahwa remaja dalam penelitian ini yan mengalami depresi mungkin menganggap hubungan romantis mereka di masa lalu kurang intim dibandingkan dengan yang sebenarnya.

Gambar Foto Sumber Dari theodysseyonline.com, Demikianlah Artikel Wah ! Cewek Pada Saat Kencan Pertama Suka Depresi, Jangan Lupa Baca Juga Gambar Salvita Decorte HD Wallpaper Background Desktop PC Dan Handphone

Advertisements