10 Cara Mendidik Anak Secara Islami Agar Lebih Mengerti Dan Taat pada Agama

Cara Mendidik Anak Secara Islami Agar Lebih Mengerti Dan Tahu Agama
wahok.com-10 Cara Mendidik Anak Secara Islami Agar Lebih Mengerti Dan Taat pada Agama

Tahukah Menjadi Orangtua bisa saja meng-anggap anak sebagai salah satu bentuk cobaan yang harus dilak-sanakan secara serius dan bertanggung jawab.

Namun Untuk menemukan gaya mendidik dan mengasuh anak yang tepat, ada beberapa hal yang perlu Anda simak sebagai bahan pertimbangan yang akan dipaparkan dibawah ini

1.Kasih Sayang (Rahmat)
Rasulullah SAW bersabda, “Bukan bagian dari kita, dia yang tidak memiliki kasih sayang terhadap sesama”. Berdasarkan hadits tersebut, sebagai sesama manusia, anak juga perlu diperlakukan dengan penuh kasih sayang.

Rahmat tak hanya sekadar mengandung arti “Kasih”, tapi juga hormat, menghargai dan tentunya cinta. Rasulullah bahkan pernah menegur salah satu sahabat yang tidak pernah mencium anaknya.


2.Diskusi (Syura)
Dalam keluarga, baik suami, maupun istri selayaknya saling menghargai antara satu sama lain. Saling menghargai merupakan langkah awal dalam menjalin hubungan, dan belajar saling mendengar, serta mengatasi masalah.

Diskusi sebaiknya dilaksanakan secara jujur dan tulus, tak hanya sekadar formalitas, dan didasarkan atas kepentingan seluruh anggota keluarga.

3.Kerjasama
Konsep kerjasama dalam Islam diilustrasikan dalam QS Al-Ashr: “…saling menasehati dalam kebenaran dan saling mengingatkan dalam kesabaran.” Jika setiap anggota keluarga dapat saling bekerjasama dengan penuh kebenaran dan kesabaran, maka tidak akan ada anggota keluarga yang merasa dirugikan.

4.Komitmen
Setiap anggota keluarga harus bersatu dalam mematuhi segala perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Komitmen tersebut akan memberikan pedoman dan pegangan masing-masing anggota keluarga dalam menjalani kehidupannya.

5.Konsistensi
Sebagai orangtua yang efektif, Anda perlu bersikap kon-sisten dalam menetapkan disiplin, standar moral, serta memberikan penilaian. Anda bisa saja memberikan standar yang berbeda untuk anak yang berbeda, akan tetapi Anda tetap harus konsisten dalam menerapkannya.

6.Kerahasiaan
Keluarga harus mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada setiap anggota keluarganya. Rasa aman dan nyaman tersebut dapat ditumbuhkan bila masing-masing dari setiap anggota keluarga dapat saling mempercayai.

Sadar atau tidak, terkadang orangtua pernah melanggar janji yang telah mereka ucapkan kepada anak. Hal tersebut dapat mengakibatkan anak menjadi kehilangan kepercayaan terhadap orangtuanya.

7.Kebahagiaan
Kebahagiaan merupakan hadiah terindah yang dapat An-da berikan kepada anak. Kebahagiaan tersebut dapat ditumbuhkan sejak dini dengan membiasakan anak agar selalu bersyukur atas segala sesuatu yang dimiliki dan dialaminya, jika dibandingkan dengan orang-orang yang tidak lebih beruntung dibandingkan dengan dirinya.

8.Kepercayaan Siri
Sudah menjadi tugas orangtua untuk membantu anak membangun rasa percaya dirinya dengan memberikan dukungan, serta pujian secara jujur dan tulus.

Jika anak cukup percaya diri, maka anak akan lebih mampu mempertahankan nilai-nilai yang telah Anda tanamkan dalam jiwanya, dan terlindungi dari segala pengaruh buruk lingkungannya.

9.Kontrol
Dengan mengajarkan kepada anak untuk menahan diri dan tidak bertindak secara berlebihan, maka Anda telah mengajarkan kepada anak untuk mengontrol diri, sehingga anak tidak akan terlalu mudah dikuasai oleh nafsunya.

10.Ketenangan
Anda dapat menanamkan ketenangan dalam jiwa anak, dengan bersikap tenang dalam menghadapi berbagai macam masalah.

Jika merasa panik, tanamkan saja dalam jiwa Anda dan anak, bahwa Allah akan senantiasa melindungi umatnya yang bertakwa.

Gambar Masjid Waktu Subuh HD Wallpaper Background Desktop PC Dan Handphone
Cara Download Gambar Desktop Wallpaper HD Mesjid Waktu Subuh Silahkan Arahkan Cursor Mouse Anda Lalu Klik Kanan Gambar Kemudian "SAVE IMAGE AS.." Ukuran Gambar 1024px 634px Format:jpeg / png
Demikinalah Tips Dan Kiat Bagaimana Cara Mendidik Anak Secara Islami Agar Lebih Mengerti Dan Tahu Tentang Agama Yang ia Anut, Baca juga Wah ! Kerja Suka Stress Bisa Sakit Jantung Dan Stroke Menanti, Oleh itu Senangi Pekerjaan Anda
Biografi Profil Salvita Decorte Dan Agama Serta Kumpulan Koleksi Foto Gallery
Loading...
Artikel Yang Di Bagikan Blog www.wahok.com Seperti Foto Wallpaper 3D Png, Jpeg, Audio MP3, Video Film MP4, Gambar Animasi Bergerak Gif, Simbol Logo, Terkadang Dilansir Dari Berbagai Sumber Media Lain, Hak Cipta Sepenuhnya Dipegang oleh Sumber tersebut. Jika ada Masalah Copyright Konten Postingan 10 Cara Mendidik Anak Secara Islami Agar Lebih Mengerti Dan Taat pada Agama, Anda Dapat Menghubungi Kami DI HALAMAN INI
IKUTI KAMI UNTUK DAPATKAN ARTIKEL TERBARU, MAU ?


wahok.com is ranked 4.8 out of 5. Based on 10 user reviews.
Previous
« Prev Post
Copyright ©2016-2017 WAH OK
Theme by Damzaky
Powered by Kata.co.id